Sabtu 28 Jun 2014 17:00 WIB

Loew: Jerman Masih Sering Salah Umpan

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Timnas Jerman
Foto: Reuters/Tony Gentile
Timnas Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, RECIFE -- Joachim Loew terlihat tak terlalu nyaman dengan kondisi di Itaipava Arena, Recife, Jumat (27/6). Pelatih Jerman itu khawatir guyuran hujan bakal mengganggu permainan anak-anak asuhnya menghadapi laga pamungkas Grup G kontra Amerika Serikat (AS).

Meski sudah hampir dipastikan lolos ke babak 16 besar, Loew khawatir timnya tak bisa meraih hasil maksimal pada laga reuni penuh gengsi tersebut. Ia jelas tak ingin timnya kalah atau imbang melawan tim besutan rekan senegara sekaligus mantan bosnya di Nationalmancschaaft, Juergen Klinsmann.

Loew baru bisa sedikit bernapas lega setelah turun minum. Gol Thomas Mueller pada menit ke-52 adalah pengobat kegelisahan Loew. Mueller sukses memanfaatkan kemelut di kotak penalti AS menyusul sepak pojok Mesut Oezil.

Tendangan Mueller dari sisi kiri pertahanan AS sukses menjebol gawang Tim Howard di tiang jauh. "Kami mendominasi pertandingan dan pantas menang," kata Loew seperti dilansir laman resmi otoritas sepak bola Jerman (DFB).

Pada menit-menit akhir laga, pasukan the Yanks sempat mendapat sejumlah peluang. Namun, hingga peluit panjang berbunyi papan skor tetap menunjukkan 1-0 untuk kemenangan Jerman.

Loew mengatakan, dari sisi manapun timnya lebih superior pada laga ini. Hanya, Loew memberikan sedikit catatan pada performa anak-anak asuhnya. Menurut dia, Philipp Lahm dan kawan-kawan mesti meningkatkan saling pengertian di kotak penalti lawan.

"Kami sering salah umpan di momen-momen krusial," paparnya.

Walaupun kalah, Klinsmann tetap tersenyum lebar selepas laga. AS berhak meraih tiket ke babak 16 besar sebagai runner-up grup karena pada laga lain Portugal hanya mampu menang tipis 2-1 atas Ghana.

"Tentu saja kami menginginkan setidaknya hasil imbang. Tapi, lolos dari grup ini sudah prestasi yang luar biasa bagi kami," ujar Klinsmann.

Di perdelapan final, AS akan ditunggu juara Grup H, Belgia. Sedangkan, Jerman akan ditantang runner-up Grup H, Aljazair.

Klinsmann mengaku sudah tak sabar melakoni laga selanjutnya. "Sekarang, kami ingin membuktikan bahwa kami layak lolos ke babak knock-out berikutnya," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement