Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Fitch Beri Peringkat A untuk Obligasi Bank Sulut

Kamis 26 Jun 2014 15:19 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya

Fitch Ratings

Fitch Ratings

Foto: topnews.in

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan peringkat 'A' untuk rencana obligasi senior dan 'BBB-' untuk obligasi subordinasi PT Bank Sulut.
 
Bank Sulut akan menerbitkan obligasi senior Rp 750 miliar dengan tenor lima tahun. Sementara, obligasi subordinasi diterbitkan senilai Rp 250 miliar. Hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan.

Analis Fitch Iwan Wisaksana mengatakan, peringkat nasional kategori 'A' menunjukkan ekspektasi akan risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. "Namun, adanya perubahan pada keadaan atau kondisi ekonomi bisa saja mempengaruhi kapasitas untuk membayar secara tepat waktu dibandingkan komitmen keuangan yang ditunjukkan oleh kategori peringkat yang lebih tinggi," kata Iwan, Kamis (26/6).

Sementara, peringkat 'BBB' menunjukkan risiko gagal bayar yang moderat relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. Namun kemungkinan perubahan keadaan atau kondisi ekonomi akan mempengaruhi kapasitas untuk membayar secara tepat waktu adalah lebih besar dibandingkan komitmen keuangan yang ditunjukkan oleh kategori peringkat yang lebih tinggi.

Obligasi senior diperingkat pada level tersebut karena mencerminkan kewajiban perusahaan yang bersifat langsung, bukan merupakan hutang subordinasi dan merupakan kewajiban senior tanpa jaminan. Peringkat ini juga mencerminkan dukungan dari pemerintah daerah Sulut kepada bank. "Mengingat kepemilikan saham mayoritas pemerintah daerah atas Bank Sulut," ujar Iwan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA