Selasa 24 Jun 2014 19:32 WIB

Dubes: AS Tidak Favoritkan Satu Caprespun

Debat Capres
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Debat Capres

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert O Blake menyatakan pihaknya tidak memfavoritkan satupun calon presiden oun karena hal terpenting adalah proses demokrasi di Indonesia semakin matang.

"Amerika tidak memfavoritkan satupun kandidat karena kami melihat proses demokrasi semakin matang, kami melihat prosesnya semakin jujur, adil, bebas, dan tidak ada kekerasan," katanya di Gedung Konjen AS di Surabaya, Selasa (24/6) petang.

Di sela-sela perayaan kemerdekaan ke-238 AS di Surabaya yang dihadiri Wagub Jatim H Saifullah Yusuf dan bupati/wali kota dari Kediri, Banyuwangi, Kupang, Palu, Bima, dan tokoh masyarakat, tokoh pers, serta pesantren, ia mengaku terkesan dengan Debat Capres.

"Saya sempat melihat Debat Capres yang ada, saya kira merupakan dialog yang menyenangkan, apalagi tidak ada kekerasan, saya kira hal itu menunjukkan kematangan berdemokrasi dari bangsa ini," katanya mengomentari debat capres yang diikuti dua pasangan calon yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Tentang dukungan Jokowi pada kemerdekaan Palestina, Dubes AS menilai hal itu sangat bergantung pada pembahasan di PBB. Sebaliknya, tentang penolakan permohonan visa ke AS oleh Prabowo pada tahun 2000, Dubes AS menilai hal itu sangat bergantung pada peraturan dari kedua negara (Indonesia-Amerika).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement