Senin 23 Jun 2014 07:36 WIB

5 Kesalahan Perawatan Kulit Setiap Hari

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Bahan-bahan alami memiliki sejumlah manfaat bagi kulit dan wajah.
Foto: Prayogi/Republika
Bahan-bahan alami memiliki sejumlah manfaat bagi kulit dan wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagaimana cara terbaik merawat kulit wajah? Banyak wanita dan pria menggunakan berbagai produk kulit.

Tentu saja ada beberapa aturan sederhana tentang ini, namun Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan perawatan kulit yang mungkin Anda lakukan setiap hari. Ini lebih dipicu kurangnya pengetahuan atau informasi yang salah. Berikut paparannya, dilansir dari Yummy Mummy Club, Senin (23/6).

1. Kebiasaan membasuh wajah

Ini tidak perlu sama sekali. Terlalu bergantung pada pembersih kulit sering menyebabkan permukaan kulit Anda kering, iritasi, dan dalam beberapa kasus akan mengalami peradangan serius. Cuci wajah Anda hanya pada malam hari dan lakukan itu rutin. Over pembersih wajah juga tidak baik. Memakai make up sewaktu tidur juga perlu dihindari sebab akan menimbulkan jerawat, pembesaran pori kulit, dan perubahan warna kulit.

2. Penggunaan SPF

UVA dan UVB tidak hadir sepanjang tahun. SPF memang satu-satunya produk yang dapat melindungi diri Anda dari sinar UV yang berbahaya. Namun bukan berarti Anda memakai seluruh produk wajah yang mengandung SPF, misalnya pelembab. Kenakanlah tabir surya hanya ketika Anda akan terpapar spektrum matahari sepanjang hari. Jika di rumah atau sedang musim hujan atau musim dingin, Anda tak perlu memakainya.

3. Produk mahal

Ini tidak benar. Tidak ada alasan untuk menggunakan produk-produk perawatan kulit berbagai macam karena dia mahal. Carilah bahan-bahan yang lebih alami atau carilah produk yang memang benar-benar dibutuhkan kulit Anda. Misalnya, kulit manusia akan selalu haus akan vitamin C, jadi belilah produk-produk yang mengandung vitamin C. Konsumsilah berbagai makanan alami yang kaya akan vitamin C. Ini akan jauh lebih baik. 

4. Formulasi produk

JIka Anda memilih pelembab yang iformulasikan dengan baik, maka Anda tidak memerlukan produk khhusus untuk krim mata, serum khusus, krima malam, krim siang, dan sebagainya. Produk yang diformulasikan untuk beberapa fungsi sekaligus akan lebih baik untuk kulit dan membuat kulit tidak terlalu bergantung pada satu merek saja.

5. Kulit sensitif

Ada anggapan bahwa eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah cara terbaik untuk menjaga kulit sehat dan tampak cerah. Memang, kulit sensitif gampang terkelupas dan akhirnya membuat iritasi. Banyak pelembab yang diformulasikan dengan baik dalam bentuk vitamin A atau AHA. Ini akan lebih baik jika Anda menggunakan produk-produk kimia berat untuk menyembuhkan kulit sensitif Anda yang mudah terkelupas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement