Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Peringati Hari Lingkungan Sedunia, Sahabat Paly Gelar Ekowisata Ciliwung

Ahad 22 Jun 2014 13:48 WIB

Red: Maman Sudiaman

Kegiatan Palyja dan Komunitas Ciliwung

Kegiatan Palyja dan Komunitas Ciliwung

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Lingkungan Sedunia diwarnai dengan penanaman bibit pohon serta pengembangan ekowisata Ciliwung. Memeriahkan acara tersebut, PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) menggandeng anak-anak serta komunitas lingkungan pada Jumat (20/6) di Palyja Green Community (PGC), Pejaten Timur, Jakatrta Selatan.

Meyritha Maryanie, Corporate Communications & Social Responsibility Head Palyja mengatakan, ekowisata merupakan konsep pariwisata yang menitik beratkan pada pesona alam, yang indah dan menarik bagi siapapun yang mengunjunginya. Bersama anak-anak Sahabat Paly menaiki perahu karet didampingi lifeguard mengarungi Sungai Ciliwung (Pejaten Timur ke Condet pp). Selama mengarungi sungai, mereka diberikan pengetahuan kondisi sungai serta vegetasi atau jenis tumbuhan yang ada tumbuh di bantaran sungai.

“Kegiatan menanam pohon bertujuan untuk melestarikan keragaman hayati dan Konservasi Sungai Ciliwung serta  meningkatkan kesadaran  seluruh lapisan  masyarakat untuk  dapat berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya kepada ROL, Ahad (22/6).

Selain itu, hari ini Palyja juga memberikan mesin pengolah sampah secara simbolis kepada tujuh komunitas hijau binaan Palyja yakni PGC. Palyja  berharap dengan alat tersebut para komunitas hijau binaan Palyja ini dapat mengolah sampah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat yaitu Kompos. Hal tersebut sesuai dengan salah satu misi PGC yaitu program 3 R (reduce, re-use, recycle).

Salah satu operator air bersih di Jakarta ini juga menyerahkan perahu karet secara simbolis untuk mendukung kegiatan-kegiatan di Sungai Ciliwung. Keberadaan perahu karet  tersebut sudah berjalan di Pejaten Timur baik dalam hal penyelamatan pada saat banjir, pemantauan kondisi sungai dan kegiatan ekowisata Ciliwung. Palyja juga akan menyelenggarakan Uji Emisi untuk seluruh kendaraan operasionalnya dan juga kendaraan karyawan.

Meyritha berharap adanya peran serta masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian dan mengelola lingkungan di sekitar. Tujuannya demi tercapainya lingkungan yang lebih baik, sehat dan nyaman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA