Jumat 20 Jun 2014 12:00 WIB
serba serbi

Denilson dan David Luiz Lahir di Kawasan Kumuh Diadema

Red:

SAO PAULO -- Diadema tak hanya terkenal sebagian kantong kawasan kumuh (favela) di Sao Paulo. Di kawasan ini juga terlahir dua pesepak bola top Brasil, Denilson dan David Luiz.

"Dulu ayah Denilson sering mengantar anaknya berlatih di sini," kata Miguel Nehme (60 tahun), warga Diadema sambil menunjuk sebuah lapangan di sisi perempatan Rua Jurua, Kamis (19/6).

Jangan membayangkan lapangan itu memiliki fasilitas wah. Lapangan itu hanya tanah lapang berdebu dengan ukuran sedikit lebih besar dari lapangan futsal. "Sekarang, keluarga Denilson sudah pindah dari sini," ucap Miguel.

Denilson yang berasal dari keluarga pas-pasan adalah mantan pemain termahal di dunia saat direkrut klub La Liga Spanyol Real Betis dari Sao Paulo pada 1998. Ia dikontrak sebesar 21,5 juta pound atau sekitar Rp 424 miliar saat masih berusia 21 tahun. Tapi, karier Denilson tak terlalu bersinar di Betis. Ia juga tercatat pernah membela tim nasional Brasil di Piala Dunia 1998 dan 2002. Tapi, namanya tenggelam di bawah bayang-bayang Ronaldo.

Adapun David Luiz yang juga lahir di Diadema tinggal tak lama di kawasan itu. Keluarganya pindah ke Kota Salvador atau sejauh 1.200 mil dari Diadema saat Luiz berusia 14 tahun. Luiz yang sempat menjadi anak didik SSB Sao Paulo pun memutuskan pindah ke SSB Esporte Clube Vitória. Kini, pemain belakang yang musim depan membela klub Prancis Paris Saint Germain itu menjadi salah satu andalan tim nasional Brasil di Piala Dunia 2014.

rep:endro yuwanto ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement