Kamis 19 Jun 2014 14:00 WIB

Sepuluh Aksi Blunder Kiper dalam Sejarah Piala Dunia

Red:

1. Aksi blunder kiper Rusia, Igor Akinfeev, menambah deretan kejadian memalukan para penjaga gawang. Igor Akinfeev sebenarnya bermain baik karena mampu menghalau tembakan anak-anak Korea Selatan. Sayangnya, tendangan Lee Keun-ho pada menit ke-68 tak dapat ditangkap dengan baik oleh Akinfeev dan bola liar justru masuk ke gawangnya sendiri.

Tak hanya Akinfeev, beberapa nama kiper juga sempat melakukan blunder dalam gelaran turnamen sepak bola paling akbar sejagad itu. Beberapa nama besar, seperti Andoni Zubizarreta, Julio Cesar, dan David Seaman, ternyata juga pernah membuat kesalahan memalukan.

2. Andoni Zubizarreta merupakan salah satu kiper terbaik Spanyol. Sayang, kariernya sedikit tercoreng akibat aksi memalukannya ketika melawan Nigeria di Piala Dunia 1998. Kejadian memalukan itu berawal ketika Spanyol sudah unggul 2-1 melawan Nigeria. Zubizarreta salah memprediksi umpan silang rendah yang dilepaskan Garba Lawal. Ia justru menepis bola ke arah gawang sendiri. Spanyol lantas kalah 2-3 dan tak lolos fase grup.

3. Belum lama ini, kiper Spanyol, Iker Casillas, juga melakukan blunder kala Spanyol menderita kekalahan memalukan 1-5 melawan Belanda. Casillas yang menerima back pass tak segera mengamankan bola. Van Persie kemudian sukses merebut bola dari Casillas dan mencetak gol keduanya dalam pertandingan itu.

4. Kiper Kolombia, Rene Higuita, melakukan aksi memalukan kala melawan Kamerun di Piala Dunia 1990. Higuita yang ceroboh mencoba membawa bola ke tengah lapangan justru takluk ketika mencoba melewati Roger Milla. Striker Kamerun itu pun langsung menceploskan bola ke gawang yang sudah tak terkawal.

5. Blunder kiper Inggris, Robert Green, pada Piala Dunia 2010 mungkin masih membekas di ingatan para pencinta bola. Tendangan jarak jauh dari pemain Amerika Serikat sebenarnya cukup mudah untuk diatasi. Namun, Green tak mampu menangkap bola dengan baik dan justru menggelincir ke dalam gawangnya sendiri.

6. Kejadian memalukan juga dilakukan kiper Inggris lain, David Seaman. Pada perempat final Piala Dunia 2002, Seaman berusaha maju untuk menghalau tendangan bebas Ronaldinho yang ia pikir merupakan sebuah umpan. Ternyata, tendangan Ronaldinho itu berganti arah dan Seaman tak mampu menyelamatkan gawang yang ia tinggalkan.

7. Kiper Arab Saudi, Mohamed al-Deayea, juga melakukan blunder di Piala Dunia 1998 kala melawan Prancis. Al-Deayea mencoba menangkap bola yang terbang lewat umpan crossing. Namun, sang kiper justru melompat terlalu cepat dan salah menebak arah bola. Ia malah membuat bola tepat mengarah ke kepala David Trezeguet dan berujung lahirnya gol kedua Prancis.

8. Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Julio Cesar tak tepat memukul bola yang berawal dari tendangan bebas Belanda. Kiper Brasil itu justru menggelincir dari tangannya dan meluncur masuk ke dalam gawang. Brasil pun harus menutup mimpinya jadi juara Piala Dunia karena kalah 1-2.

9.Di Piala Dunia 1998 ketika Jerman melawan Yugoslavia, kiper Jerman, Andreas Kopke, mencoba menghalau sebuah umpan silang yang sebenarnya tak terlalu membingungkan. Bukannya menangkap bola, ia justru hanya melayang di atas bola. Bola langsung mendarat di kaki Dragan Stojkovic dan dengan mudah memasukkan bola ke gawang Jerman.

10.Terakhir, kiper Argentina, Nery Pumpido, menutup 10 kejadian memalukan yang dilakukan kiper di Piala Dunia. Di Piala Dunia 1990, ia tak mampu menangkap sundulan pelan Omam Biyik dan meluncur masuk ke gawangnya sendiri. Kejadian itu menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 1990 dan Argentina harus takluk di tangan Kamerun.  rep:c71 ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement