Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Unisba Gelar Syarh Alquran

Kamis 19 Jun 2014 14:00 WIB

Red:

BANDUNG –– Untuk meng kampanyekan Alquran kepada generasi muda, Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Syarh Alquran, Rabu (18/6). Acara ini diikuiti oleh 21 sekolah tingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) se-Jabar. ''Kami meng gelar lomba Syarh Quran ini untuk membumikan Alquran. Ujung-ujungnya agar generasi muda bisa mencintai Alqur an,'' ujar Ketua Panitia Syarh Quran Unisba, Eva Fauziah.

Eva menjelaskan tujuan di adakannya kegiatan ini untuk menyosialisasikan ayat-ayat Alquran yang berhubungan dengan akhlakul karimah. Sehingga menjadikan Unisba sebagai pusat kegiatan penalaran dan pengkajian Alquran di ka langan remaja. ''Kami berharap bisa mendorong semangat generasi muda dalam mempelajari, menggali, me nang kap dan menghayati makna Alqur an,'' katanya.

Menurut Eva, lomba ini su dah digelar sejak 2008. Peserta tahun ini merupakan angkatan ketujuh. Tema yang diangkat tahun ini adalah 'Implementasi Syukur dalam Mencapai Masyarakat Indo ne sia yang Rahmatan Lil'alamin'. Lomba ini menurutnya di kemas dalam tiga kegiatan. Yaitu Tilawatil Qu ran, terjemahan dan tajwid. Setiap sekolah diwakili oleh satu kelompok yang terdiri dari tiga orang peserta. Pemenang akan mendapatkan piala bergilir dari Gubernur Jabar. ''Yang dinilai tiga poin. Yakni qiroahnya, lagu, mahroj lalu penampilannya,'' kata Eva.

Membumikan Alquran ini menurutnya sangat penting. Karena dalam hadist disebut kan barang siapa yang berkum pul di rumah Allah mengkaji Alquran maka Allah akan memuliakannya dan lingkupi malaikat. ''Atas dasar niat tersebut, kami termotivasi untuk menyebarkan semangat itu,'' katanya.

Sementara menurut Rektor Unisba Thaufik S Boesoiri, melalui lomba ini Unisba ing in mengajak masyarakat ber par ti sipasi dalam mengkaji Alqur an dengan benar tak hanya keindahannya. Namun memahami artinya dan menghayati asbabunnuzulnya. ''Mem baca Al quran dalam keseharian kita memang kurang. Diharapkan dengan lomba ini akan terbentuk generasi Qurani,'' katanya. rep:arie lukihardianti ed: rachmat santosa

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA