Rabu 18 Jun 2014 16:00 WIB
senggang

5 Restoran Unik dan Nyentrik Dunia

Red:

Perut lapar, malas masak, plus ingin cepat makan. Jawaban yang pas adalah datang ke restoran. Inilah solusi pas seluruh masalah tadi. Namun, kini seiring dengan meningkatnya tuntutan konsumen, restoran tak lagi sekadar tempat santap. Resto juga menjadi tempat hiburan sendiri.

Buktinya, banyak restoran yang dibangun dengan desain unik dan menarik. Hampir seluruh restoran di sejumlah negara berlomba-lomba untuk menyuguhkan suasana baru, mulai dari desain interior, lokasi restoran, dan cara penyajian makanan. Restoran yang memiliki konsep berbeda tersebut, tentu saja akan menarik minat pencinta kuliner untuk mendapatkan pengalaman menyantap hidangan yang berbeda.

Dengan kreasi unik yang ditawarkan, pengunjung tak hanya mendapatkan pengalaman mencicipi makanan lezat, tapi juga membawa pulang pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Berikut adalah restoran-restoran unik yang ada di sejumlah negara:

1. Restoran Baggers, Jerman

Pelayanan menjadi salah satu unsur paling penting dalam sebuah restoran. Pengunjung yang lapar biasanya selalu tak sabar ingin segera melahap makanan yang telah mereka pesan. Restoran Baggers di Jerman mengutamakan pelayanan yang super cepat dengan menggunakan perangkat teknologi modern.

Tak hanya cepat, resto modern juga hadir dalam format futuristik. Restoran tersebut tidak membutuhkan pelayan yang mencatat pesanan pengunjung. Jika ingin memesan, pengunjung cukup menggunakan mesin layar sentuh yang ada di setiap meja untuk memilih menu makanan.

Uniknya, Restoran Baggers akan menghibur setiap pengunjung dengan belt conveyor spiral di setiap meja yang digunakan untuk meluncurkan menu makanan langsung dari dapur, sehingga pengunjung bisa langsung menyantap makanan yang fresh dan hangat.

2. Restoran Ninja, New York

Di restoran ini pengunjung tak hanya menikmati hidangan ala Jepang, mereka juga akan dikagetkan dengan pelayan yang memakai kostum dan beraksi layaknya seorang ninja. Atraksi ninja di restoran tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung. Para pelayan berkostum ninja itu dengan cepat mengantar dan menyajikan makanan di atas meja.

Cara pelayan ninja tersebut dalam menyajikan makanan juga terbilang unik. Mereka menggunakan teknik ninja lengkap dengan senjata khas mereka, seperti samurai dan shuriken. Untuk makanan yang dibakar, biasanya mereka akan langsung melakukannya di meja pengunjung dengan teknik ala ninja. Selain atraksi ninja dari para pelayannya, restoran ini juga memiliki desain interior yang dibuat semirip mungkin dengan rumah-rumah ninja yang ada di film kolosal Jepang.

3. Restoran El Diablo, Spanyol

Restoran yang menyuguhkan pemandangan alam pegunungan dan pantai memang sudah biasa, tapi El Diablo menawarkan sensasi menyantap hidangan dari dalam gunung berapi. Para koki terpilih di restoran ini akan langsung memasak makanan dengan menggunakan panas yang dihasilkan gunung berapi.

Tak usah dibayangkan bahwa gunung berapi tersebut masih aktif dan mengeluarkan lava yang meletup-letup. Akan tetapi, gunung berapi di restoran tersebut merupakan sebuah tempat menyerupai lubang di tanah. Beberapa orang percaya bahwa alat pemanggang di lubang tersebut sudah ada sejak era 1970-an. Di tempat itulah para koki andal El Diablo akan mengolah makanan dengan cara natural, sehingga memiliki tekstur dan rasa yang menakjubkan.

4. Restoran Dinner in The Sky, Belgia

Sesuai dengan namanya, restoran ini menawarkan sensasi menyantap hidangan pada ketinggian 150 kaki dari atas permukaan laut. Para pengunjung akan duduk di sekeliling meja panjang yang dapat diisi 21 orang kemudian diangkat dengan menggunakan crane ke udara. Setelah mencapai titik ketinggian tersebut, pengunjung dapat menikmati makanan yang disajikan langsung dari tempat memasak yang ada di tengah meja oleh para koki.

Dari ketinggian tersebut, para pengunjung dapat menikmati pemandangan kota dari atas langit sembari menikmati hidangan yang lezat. Tidak perlu khawatir jatuh karena setiap pengunjung akan memakai sabuk pengaman. Akan tetapi, bagi pengunjung yang takut dengan ketinggian dan memiliki penyakit jantung tidak disarankan untuk mencoba makan di restoran ini.

Apabila ingin mendapatkan pengalaman kuliner di restoran ini pengunjung harus melakukan reservasi khusus dan dikenakan biaya sangat mahal, yakni sebesar 40 ribu dolar AS. Meski mahal, pengalaman makan di atas langit dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan sepanjang hidup.

5. Restoran Penjara Fortezza Medicea, Italia

Italia memang dikenal sebagai salah satu negara surga kuliner dengan cita rasa yang enak dan dapat memanjakan lidah. Tak hanya itu, makanan khas negara ini juga sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Di Italia ada salah satu restoran yang memberikan pengalaman kuliner sangat unik karena letaknya di sebuah penjara tua bernama Fortezza Medicea. Seperti layaknya penjara, restoran ini dibangun dengan tembok setinggi 60 kaki sekaligus dilengkapi dengan menara pengawas, kamera CCTV, dan penjaga penjara dengan senjata lengkap.

Semua hidangan di restoran ini dimasak dan disajikan para narapidana. Awalnya, petugas administrasi penjara tersebut mengajukan skema rehabilitasi bagi para narapidana untuk belajar memasak dan menyajikan makanan ke masyarakat umum.

Sejak saat itu, sebagian bangunan penjara diubah menjadi sebuah restoran dengan narapidana sebagai karyawannya. Ide kreatif dan unik ini menarik banyak turis dan menjadikan restoran tersebut sebagai salah satu tempat makan favorit di Italia.  rep:rizky jaramaya ed: endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement