Selasa 17 Jun 2014 17:46 WIB

Media Jerman Puji Habis Skuat Loew

Gelandang serang Timnas Jerman, Thomas Mueller (tengah), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai menjebol gawang Portugal lewat titik penalti dalam laga Grup G Piala Dunia 2014 Brasil di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/6).
Foto: Reuters/Fabrizio Bensch
Gelandang serang Timnas Jerman, Thomas Mueller (tengah), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai menjebol gawang Portugal lewat titik penalti dalam laga Grup G Piala Dunia 2014 Brasil di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Media Jerman memuji habis-habisan penampilan anak asuh Joachim Loew ketika memenangi laga pembuka Piala Dunia 2014 Brasil dengan angka 4-0 atas Portugal sehingga memupus ketakutan mereka kehilangan ketajamannya.

Dari Black Forest di kawasan selatan Laut Baltic di utara, koran dan komentator menyatakan kagum dengan cara Thomas Muller mencetak hatrik. Mereka juga memuji kepiawan para pemain lainnya karena mampu mengalahkan Portugal yang merupakan salah satu tim paling kuat di Grup G.

"Ini merupakan Piala Dunia kami," lapor koran paling besar di Jerman, Bild. "Mueller mulai berbicara tentang kemenangan."

Koran Jerman umumnya amat kritis. Tetapi, setelah pertandingan, media tidak menemukan kelemahan tim mereka yang bermain amat dominan atas Portugal.

"Mueller menghancurkan Portugal," sebut laporan utama Die Welt.

Media konservatif Frankfurter Allgemeine Zeitung (FAZ) menyatakan,"Segala sesuatunya berjalan sempurna lawan Portugal. Apa yang diinginkan Loew sudah berjalan seperti apa yang diinginkannya.''

"Segala sesuatu yang diinginkan dan direncanakan Loew berlangsung sesuai rencana di lapangan. Ada fariasi dan serangan terorganisasi dengan baik di lini tengah. Kecepatan tinggi dan pergantian posisi pemain berlangsung cepat," lapor media itu.

Koran itu menyatakan Jerman membuat Portugal amat sibuk dengan cara bermain mereka. "Pertandingan ini sesuai dengan yang diinginkan Loew. Ia ingin Jerman bermain sepak bola dengan benar," lapor media itu.

Koran Seddeutsche Zeitung di Munich mengatakan hal yang kurang baik dalam tim mereka adalah cedera yang menghantam pemain bertahan Mats Hummels.

"Jerman mengawali permainan dengan kuat," tertulis di Sueddeutsche. "Pertandingan pertama Jerman cukup bagus dan ini amat penting. Mueller bermain brilian dengan tiga golnya."

Koran di Berlin, Der Tagesspiegel, melaporkan bahwa Loew pantas mendapat acungan jempol karena kehebatan para pemainnya.

"Eins, zweiti, drei, vier! Jerman mengalahkan Portugal 4-0 dan Joachim Loew sudah melakukan hal terbaik sebelum pertandingan," lapor der Tagesspiegel.

"Cedera yang menghantam Hummels merupakan satu-satunya yang menyesakkan bagi pendukung dan semoga tidak seserius yang dipikirkan pendukung," lapor media itu.

Komentator ARD TV, Reinhold Beckmann, juga tidak terlepas dari euforia kemenangan itu. "Kemenangan 4-0 atas Portugal jelas membuat Jerman berada dalam jajaran tim favorit di turnamen itu, tentu saja bersama Brasil dan Belanda," kata Beckmann.

"Jerman memperagakan permainan berani pada laga itu. Tapi, dimanakah si maha bintang Ronaldo?" katanya.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement