Selasa 17 Jun 2014 14:58 WIB

Samsung, RSCM dan FKUI Luncurkan Sono School untuk Para Dokter

Peresmian Sono Scholl di RSCM Jakarta
Peresmian Sono Scholl di RSCM Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Samsung Electronics Indonesia bekerjasama dengan RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) meresmikan ICTE-Samsung Sono School.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) telah mengembangkan

Indonesia Clinical Training and Education Center (ICTE)) sebuah pusat simulasi dan training . ICTE inilah bersama Samsung mengoperasikan Sono School.

ICTEC-Samsung Sono School, yang berlokasi di RS. Cipto Mangunkusumo, memulai kurikulum tahun pertama mereka, yang terdiri dari training secara teori dan pelatihan prakrik langsung mengenai penggunaan Ultrasonografi dalam berbagai aspek diagnosa dan perawatan medis.

ICTEC-Samsung School memberikan akreditasi Continuing Medical Education. Diharapkan sekitar 350 dokter dari seluruh Indonesia dapat menempuh kurikulum yang disiapkan untuk selama tahun.

Kurikulum ini mencakup 14 sesi pelatihan dalam setahun yang akan diikuti oleh sekitar 25 peserta pada setiap sesinya. Kurikulum tahun pertama meliputi Point of Care danObstetrics & Gynecology (ObGyn).

“ICTEC – SAMSUNG SONO School bertujuan untuk menyediakan training ultrasonografi berkualitas bagi para kalangan medisuntuk dapat meningkatkan keahlian diagnosa mereka,” ungkap  Yoo Young Kim, President – Samsung Electronics Indonesia.

Sejak didirikan tahun 1969, Samsung senantiasa selalu berupaya untuk menghadirkan hal-hal luar biasa agar dapat menciptakan perubahan positif bagi setiap orang dimanapun berada. ''Kami berharap dengan kurikulum yang sangat memfokuskan diri pada pendidikan dan pelatihan bagi kalangan medis akan memberi keuntungan bagi sektor kesehatan serta membantu meningkatakn kondisi kesehatan di Indonesia,” katanya.

 

Dikembangkan berdasarkan konsultasi dan pembicaraan dengan sebuah komite penasihat bidang kesehatan, kurikulum ini difokuskan pada Point of Care dan OBGYN, memungkinkan para kalangan medis untuk meningkatkan keahlian mereka, dimulai dengan bagaimana ultrasound dapat digunakan dalam Unit Gawat Darurat Perawatan Kritis serta Pre-Natal.

Kurikulum juga dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang didedikasikan untuk pelatihan ini, diantaranya adalah peralatan ultrasonografi Samsung Medison Accuvix A30 dan Samsung Portable Ultrasound MySono U6.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement