Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Santos Kembali Menangkan Pilpres Kolombia

Senin 16 Jun 2014 11:42 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Taufik Rachman

Juan Manuel Santos

Juan Manuel Santos

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOTA -- Presiden incumbent Kolombia, Juan Manuel Santos terpilih kembali menjadi presiden setelah menang dalam pemilihan presiden putaran dua, Ahad (15/6).

Santos memperoleh 50,80 persen suara mengalahkan lawan tunggalnya, gerilyawan Marxis sayap kanan Oscar Ivan Zuluaga yang mendapat 45,13 persen suara.

Dikutip dari AFP, jumlah suara yang masuk yaitu sekitar 97,32 persen dari 99 persen tempat pemungutan suara di seluruh Kolombia.

Di kantor pusat kampanyenya di Bogota, pendukung Santos merayakan kemenangan. Mereka menari-nari dan mengibarkan bendera diiringi musik.

Santos tampak gembira dan terharu dengan kemenangannya. Ia mengatakan ketakutan telah berubah menjadi harapan. ‘’Ini adalah akhir. Kita harus menyelesaikan ini dengan tegas dan serius. Ini adalah akhir dari 50 tahun kekerasan,’’ kata Santos merujuk pada krisis perselisihan dengan pemberontak.

Pilpres putaran pertama sebenarnya dimenangkan oleh Zuluaga dengan keunggulan tipis. Di kantor pusat kampanyenya di kota tua bagian industri, Zuluaga mengakui kekalahannya. Para pendukung aktivis 55 tahun ini terlihat kecewa dan menangis ketika menyaksikan hasil akhir perolehan suara yang masuk.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA