Ahad 15 Jun 2014 22:28 WIB

Faktor Penentu Timnas Ekuador

Rep: C79/ Red: Didi Purwadi
Timnas Ekuador
Foto: AP/Dolores Ochoa
Timnas Ekuador

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Tidak berapa lama lagi laga Ekuador menghadapi Swiss di persaingan Grup E Piala Dunia 2014 akan segera dimulai.

Ini sejumlah faktor yang bakal menentukan kesuksesan Timnas Ekuador menghadapi Timnas Swiss.

Pemain Muda Berbakat: Jefferson Montero

Jefferson Montero adalah pemain muda berbakat yang menjadi elemen vital bagi Ekuador. Berkat bakatnya ini, pemain 24 tahun tersebut mulai dihubung-hubungkan dengan kepindahan ke klub Eropa.

Bahkan sang pelatih, Reinaldo Rueda, tak segan memberikan pujian kepada pemain berusia 24 tahun ini

"Dia adalah pemain yang disenangi dan dicintai penonton karena dia bermain seperti seorang bocah di jalanan," ujarnya seperti dilansir Goal.

Strategi: Kekuatan Serangan Sayap

Ekuador memiliki kekuatan di sektor sayapnya. Sang kapten, Antonio Valencia, memiliki kecepatan pada sisi kanan.

Sedangkan di sisi kiri terdapat pemain muda, Jefferson Montero, yang memiliki keberanian dan kemampuan dribel di atas rata-rata.

Fullback mereka akan bergabung sebagai pendukung sayap. Taktik ini bisa efektif, terutama pada serangan balik. Namun, keterlambatan kembali ke daerah pertahanan akan meninggalkan celah yang sangat besar di lini belakang.

Pelatih: Reinaldo Rueda

Rueda berhasil membawa Kolombia tampil di Piala Dunia U-20 pada 2003 di Unie Emirat Arab setelah 10 tahun absen dan menjadi juara ketiga. Manajemen Ekuador lantas mengangkatnya menjadi pelatih berkat prestasinya membawa kembali Honduras ke ajang Piala Dunia 2010 setelah 28 tahun.

Setelah berhasil menyegel tiket langsung putaran final Piala Dunia 2014 dengan menjadi peringkat empat Zona Conmebol, Rueda cukup yakin anak-anak asuhnya bisa berprestasi.

Ia bahkan menargetkan Ekuador untuk melakoni tujuh pertandingan di Brasil. Itu artinya Rueda ingin membawa Ekuador minimal hingga ke fase semifinal.

"Seperti yang saya selalu tekankan ke pemain, saya ingin tim ini melakukan tujuh pertandingan," ujar dia dilansir Fox News.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement