Ahad 15 Jun 2014 10:42 WIB

UGM Buka Kursus Bahasa Arab Online

Rep: EH Ismail/ Red: Citra Listya Rini
UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --- Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (FIB UGM) membuka program kursus bahasa Arab secara online.

Ketua Jurusan Sastra Asia Barat FIB UGM Uswatun Hasanah mengatakan, program kursus bahasa Arab online tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan Arab Academy Kairo Mesir.

“Program ini didesain agar proses belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja sesuai waktu luang peserta,” kata Uswatun pada acara Reuni 50 Tahun Jurusan Sastra Asia Barat FIB UGM di Yogyakarta, Sabtu (14/6).

Uswatun melanjutkan, kursus bahasa Arab online terbuka bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari bahasa Alquran tersebut. Dengan desain pembelajaran yang mutakhir, kata Uswatun, program kursus bahasa Arab online sangat cocok untuk semua kalangan.

Bahkan, orang awam sekalipun bisa mengikuti rangkaian dan materi program dengan mudah. “Materinya dirancang secara komprehensif, fokus, fleksibel, dan bersifat personal yang mampu mendorong peserta menguasai bahasa Arab secara efektif,” ujar Uswatun.

Saat ini, telah banyak sekolah dan universitas serta ribuan orang di seluruh dunia yang bergabung dengan Arab Academy untuk mengikuti program bahasa Arab secara online. Di antara lembaga pendidikan yang sudah sukses mempelajari bahasa Arab melalui Arab Academy adalah The University of Manchester, The University of Houston, The United State Air Force Academy (USAFA), dan Fairfax Country Public School.

Menurut Uswatun, program pembelajaran bahasa Arab online dibagi ke dalam 10 level, yakni  mubtadi’ (dasar) sebanyak empat level, mutawasit (menengah) sebanyak tiga level, dan mutaqaddim (lanjut) sebanyak tiga level.

Materi dimulai dari pengenalan huruf hijaiyyah sampai dengan teks-teks sastra dan kebudayaan Arab. “Di setiap materinya disertai latihan-latihan yang menarik, baik tulis maupun audio,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement