Sabtu 14 Jun 2014 11:14 WIB

Cegah HIV, Pemerintah Brasil Bagi Kondom Selama Piala Dunia

Rep: Niken Paramita/ Red: M Akbar
Fans Brasil berkumpul untuk menyaksikan tim mereka bermain melawan Kroasia pada Piala Dunia 2014 pertandingan pembuka mereka di sebuah acara FIFA di Manaus, 12 Juni 2014.
Foto: REUTERS / Siphiwe Sibeko
Fans Brasil berkumpul untuk menyaksikan tim mereka bermain melawan Kroasia pada Piala Dunia 2014 pertandingan pembuka mereka di sebuah acara FIFA di Manaus, 12 Juni 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Kehadiran para penggemar sepak bola dari berbagai penjuru dunia di Brasil dimanfaatkan lembaga kesehatan resmi Brasil untuk melakukan tes HIV dengan membagikan kondom gratis, Jumat (13/6) kemarin.

"Kami tidak bisa melewatkan kesempatan seperti ini," ujar koordinator resmi lembaga pencegahan penyakit seks menular provinsi Sao Paulo, Ivone De Paula, yang dilansir BBC, Sabtu (14/6).

"Faktanya Piala Dunia mencerahkan suasana hati penontonnya. Mereka mengatakan 'Hei aku menonton pertandingan, bersenang-senang mengapa tidak dites juga."

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pencegahan HIV/AIDS dari UNAIDS "Protect the Goal". Program ini dilakukan dengan pengujian cepat HIV dan konseling sebagaimana pembagian kondom gratis. Hal ini juga dilakukan di 11 kota lainnya di seluruh negara Sao Paulo dimana pertandingan piala dunia diselenggarakan.

De Paula berharap program ini diikuti lebih dari 300 tes cepat HIV diluar hari Jumat Fan Fest saat pertandingan Kamerun melawan Meksiko.

"Saya tidak tahu akan berada disini, saya hanya datang saja," ujar seorang pria setengah baya yang ikut tes ini.

"Saya tidak tahu dimana saja bisa melakukan tes, jadi ini cukup membantu," tambahnya pria yang yang tak ingin disebutkan namanya.

Brasil biasanya melakukan kampanye pencegahan HIV dan AIDS selama libur karnaval. Pemasangan iklan dan pembagian kondom gratis bagian dari program ini. Kampanye pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS mulai gencar dilakukan negara Amerika Selatan selama lebih dari satu dekade. N

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement