Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Fitch Beri Peringkat A- untuk Aneka Gas Industri

Rabu 11 Jun 2014 18:30 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih

Fitch Ratings

Fitch Ratings

Foto: topnews.in

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings telah mengafirmasi peringkat nasional jangka panjang produsen gas PT Aneka Gas Industri (AGI) di 'A-'. Outlook stabil.

Fitch juga mengafirmasi peringkat dari obligasi II Rp 200 miliar dan sukuk ijarah Rp 200 miliar tahun 2012 masing-masing di 'A-'.

Peringkat nasional di kategori 'A' menunjukkan ekspektasi akan risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. 

"Namun, adanya perubahan pada keadaan atau kondisi ekonomi bisa saja mempengaruhi kapasitas untuk membayar secara tepat waktu dibandingkan komitmen keuangan yang ditunjukkan oleh kategori peringkat yang lebih tinggi," kata analis Fitch Rufina Tam, dalam keterangannya, Rabu (11/6).

Fitch melihat ada beberapa faktor pendukung pemeringkat. Kenaikan pinjaman untuk mendukung belanja modal dan pertumbuhan pendapatan yang lebih lambat dari ekspektasi telah menaikan rasio leverage AGI di 2013. 

Rasio net debt/operating EBITDA meningkat lima kali pada 2013. Jumlah ini melebihi acuan tindakan pemeringkatan negatif yang ditetapkan Fitch sebelumnya. 

Namun, Fitch berpendapat kapasitas yang lebih besar dan tambahan modal pada 2014 akan membantu perusahaan dalam menghasilkan arus kas yang lebih tinggi dan menjaga metrik kredit yang baik. Fitch memperkirakan kenaikan leverage bersifat sementara dan akan turun di bawah empat kali pada akhir 2014.

AGI tengah membangun pabrik baru, termasuk di Bitung, Rungkut, Bontang, dan Subang. Fitch berpendapat risiko eksekusi cukup terkendali, mengingat lebih dari setengah kapasitas tambahan ini sudah mempunyai kontrak secara jangka menengah atau panjang. 

Prospek pertumbuhan industri juga positif, terutama didorong oleh sektor medis, infrastruktur, dan komoditas. "Rekam jejak perusahaan dalam menyelesaikan proyek-proyek besar juga merupakan faktor positif terhadap peringkat," kata Rufina.

Meski pun posisinya cukup kuat di pasar domestik, skala operasional AGI dinilai kecil dalam standar global. Hal ini bisa saja membatasi fleksibilitas operasional dan keuangan perusahaan.

Tapi, Fitch menilai ekspansi perusahaan dapat meningkatkan skala dan membantu operasi yang lebih efisien. Yaitu dengan struktur biaya dan akses pendanaan yang lebih baik dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA