Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

HUT DKI, Masuk Ragunan Gratis

Selasa 10 Jun 2014 14:00 WIB

Red:

RAGUNAN — Menyambut ulang tahun ke-487 DKI Jakarta, Taman Margasatwa Ragunan memberlakukan tiket gratis pada Sabtu, 21 Juni 2014 mendatang. Tiket gratis diberikan khusus kepada warga yang ber-KTP Jakarta.

Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang P mengatakan kebijakan tersebut untuk mendukung Program Jakarta Baru Berbagi. “Sesuai dengan program Pemda DKI, beberapa tempat wisata diberlakukan gratis, termasuk kebun binatang Ragunan. Tapi, khusus warga yang punya KTP Jakarta,” katanya menjelaskan kepada Republika, Sabtu (7/6).

Menurutnya, warga DKI yang ingin masuk ke Ragunan cukup menunjukkan KTP asli pada loket masuk. Kemudian, pengunjung akan mendapat kupon gratis dari petugas loket.

Namun, tiket gratis hanya berlaku untuk tiket masuk. Sedangkan, untuk karcis parkir serta wahana permainan diberlakukan tiket harga normal. “Kami menyediakan sekitar 40 ribu kupon gratis untuk pengunjung,” ujarnya.

Pada hari itu acara juga bakal dimeriahkan parade satwa, pentas seni Betawi, dan pameran kuliner khas Betawi. Parade satwa menampilkan sejumlah satwa yang pawai keliling kebun binatang. “Tentunya satwa-satwa yang sudah terlatih akan mengelilingi kebun binatang dengan didampingi pawang,” kata Wahyudi.

Sejauh ini, TMR masih dalam tahap persiapan publikasi. Selain itu, mendekati pihaknya bakal menghias kebun binatang dengan hal-hal yang berbau Betawi, seperti ondel-ondel. “Untuk pameran kuliner Betawi, kami akan menyiapkan sejumlah stan di depan gedung pusat informasi untuk pedagang dan pengunjung,” ujar pria asal Klaten tersebut.

TMR juga bakal memaksimalkan 18 loket pintu masuk. Kondisi keamanan juga ditingkatkan melalui kerja sama dengan pihak berwajib.

Wahyudi menjelaskan, dipilihnya tanggal 21 Juni untuk memberlakukan tiket gratis, sesuai dengan SK dari Pemda DKI. Selain itu, jika pada Ahad, dikhawatirkan pengunjung bakal membludak dan petugas akan kewalahan.

Program tersebut memang sudah berjalan beberapa tahun terakhir di Jakarta. Pihaknya menargetkan semua kupon yang disediakan bisa habis. “Program tiket gratis tahun 2013 jumlah pengunjungnya mencapai 40 ribu, itu termasuk warga di luar DKI,” katanya.  rep:c87 ed: karta raharja ucu

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA