Jumat 06 Jun 2014 18:53 WIB

Tak Ada Pele, Brasil Ora Popo

Rep: C56/ Red: Didi Purwadi
Pele (kiri) di laga perdana Piala Dunia 1962 sebelum mengalami cedera. (ilustrasi)
Foto: www.skysportsdvdshop.co.uk
Pele (kiri) di laga perdana Piala Dunia 1962 sebelum mengalami cedera. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Periode 1958-1962 merupakan salah satu masa kejayaan bagi tim samba Brasil. Pasalnya, pada dua perhelatan Piala dunia di tahun tersebut, Brasil mampu mendapatkan dua gelar Piala Dunia secara berturut-turut.

Kehebatan Brasil diuji ketika mereka ada di Piala Dunia 1962. Tanggal ini 52 tahun yang lalu atau 6 Juni 1962, Brasil harus menghadapi Spanyol tanpa kehadiran bintang mereka Pele. Pemain Santos ini mendapatkan cedera ketika bermain pada laga sebelumnya melawan Cekoslovakia.

Meski Pele tak dapat bermain dalam pertandingan pamungkas di grup tersebut, nyatanya Brasil tetap berhasil membungkam Spanyol dengan skor tipis 2-1. Kemenangan ini pun mengamankan posisi Brasil di puncak klasemen dan mengantarkan Spanyol untuk pulang lebih cepat.

Brasil akhirnya harus kehilangan Pele hingga perhelatan Piala Dunia berakhir karena cideranya tak kunjung membaik. Kendati demikian, Brasil tetaplah Brasil.

Berbagai pemain bintang yang menghuni tim Selecao berhasil membuat mereka kembali meraih titel juara setelah di final mengalahkan Cekoslowakia dengan skor 3-1. Garrincha pun keluar dengan titel sebagai pemain bintang menggantikan Pele pada final tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement