Jumat 06 Jun 2014 15:19 WIB

Negara Ini Larang Penggunaan Sabun Antibakteri

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Muhammad Hafil
Sabun batangan (ilustrasi).
Foto: wkp.maluke.com
Sabun batangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MINNESOTA -- Minnesota, salah satu negara bagian di Amerika meresmikan Undang-undang yang melarang penggunaan agen antibakteri triclosan dalam produk pembersih. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa produksi dan penjualan produk pembersih yang mengandung triclosan adalah ilegal pada tahun 2017.

Triclosan merupakan bahan utama yang hampir terdapat pada 75 persen sabun, detergen, deodoran dan pasta gigi selama beberapa dekade ini. Triclosan bisa membunuih bakteri dengan menonaktifkan enzim yang digunakan dalam sintesis asam lemak. 

Dikutip dari laman sciencealert, studi baru menunjukkan bahwa triclosan dapat mengganggu regulasi hormon. Triclosan juga bisa menurunkan kadar testoteron, hormon tiroid dan dapat menyebabkan alergi. Penelitian oleh Cale T Anger dan kawan-kawan di  Universitas di Minnesota mengatakan bahwa triclosan bisa menyebabkan sedimentasi pada danau.

Ilmuwan khawatir penggunaan triclosan ini bisa mendorong bakteri menjadi resisten, sehingga sabun menjadi kurang efektif digunakan di rumah sakit. Padahal, penggunaan sabun anti bakteri di rumah sakit sangat diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement