Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Timnas U-23 Panggil Greg Nwokolo

Kamis 05 Jun 2014 11:22 WIB

Red:

JAKARTA - Pelatih timnas U-23 Aji Santoso menjatuhkan pilihan kepada striker Greg Nwokolo untuk mempertajam lini serang. Pemain Persebaya Surabaya itu menjadi salah satu dari tiga pemain senior yang diundang mengikuti pemusatan latihan Garuda Muda pada bulan Juni ini.

Lini depan memang masih menjadi titik lemah timnas U-23. Stok striker yang dimiliki Garuda Muda seperti Aldaier Makatindu, Lerby Aliandry, dan Agung Supriyanto belum bisa dijadikan tulang punggung.

Aji pun akhirya berencana menggunakan jasa pemain senior untuk berlaga pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, September-Oktober mendatang. Nama Greg Nwokolo untuk sementara menjadi pilihan Aji.

Juru taktik berusia 44 tahun itu mengakui, para striker timnas U-23 yang ada saat ini belum bisa menjawab kebutuhan tim. “Saya butuh striker yang kuat dalam kontrol bola dan berani bermain-main di kotak penalti lawan,” kata Aji.

Kriteria tersebut dimiliki Greg. Greg memang merupakan tipikal pemain yang memiliki keberanian dalam melakukan penetrasi dan kuat saat menguasai bola. Kemampuan striker seperti ini dibutuhkan untuk menambah variasi serangan timnas U-23.

Dalam beberapa kesempatan uji coba, Aji selalu menjajal berbagai macam serangan. Timnas U-23 tidak melulu mengandalkan serangan dari lini sayap, tapi juga umpan terobosan dari lini tengah kepada striker. Sayang, Aldaier kurang kuat dalam penguasaan bola.

Selain Greg, Aji juga memanggil dua pemain senior lainnya. Yakni, gelandang Raphael Maitimo dan bek Victor Igbonefo. Tadinya, Aji digadang-gadang bakal memanggil gelandang Stefano Lilipaly yang kini merumput di Jepang, namun ia membantahnya. Menurut Aji, Stefano untuk saat ini tidak dibutuhkan. “Saya sedang mencari gelandang bertahan, bukan gelandang serang,” kata Aji menjelaskan soal pilihannya terkait Maitimo.

Pemanggilan Greg, Maitimo, dan Victor tidak terlepas dengan regulasi Asian Games yang memperbolehkan setiap tim peserta untuk memboyong tiga pemain senior. Akan tetapi, pemain senior yang bakal dibawa bisa saja berubah tergantung dinamika selama masa persiapan.

Skuat Garuda Muda bakal memulai pemusatan latihan pada 15-23 Juni di Yogya dan Solo. Dalam kurun waktu tersebut, pasukan timnas U-23 dijadwalkan melakoni dua pertandingan internasional melawan Rumani dan Mali. Hanya saja, PSSI dan Badan Tim Nasional belum bisa memberikan kepastian mengenai waktu dan tempat pelaksanaan uji coba. “Minggu ini pasti diumumkan,” demikian keterangan resmi BTN melalui rilis kepada wartawan.

rep:satria kartika yudha ed: israr itah

Daftar pemain timnas U-23
Kiper : Andritany, Teguh Amiruddin, Yogi Triana
Bek : Manahati Lestusen, Zaenuri, Victor Igbonefo, Syahrizal, Alfin Ismail, Syaiful, Dani Saputra, Roni Esar
Gelandang: Rasyid Bakrie, Dedi Kusnandar, Maitimo, Rizku Pellu, Ramdani Lestaluhu, Bayu Gatra, Fandi Eko, Novri Setiawan, Syakir Sulaiman
Striker : Aldaier Makatindu, Lerby Eliandry, Greg Nwokolo

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA