Jumat 30 May 2014 09:40 WIB

Tanya Dulu Ini Sebelum Mengakhiri Status Single Parent (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Sebelum mengawali kehidupan dengan pasangan baru, tanya dulu beberapa hal agar Anda yakin memutuskan untuk tak lagi menjadi orang tua tunggal.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Sebelum mengawali kehidupan dengan pasangan baru, tanya dulu beberapa hal agar Anda yakin memutuskan untuk tak lagi menjadi orang tua tunggal.

REPUBLIKA.CO.ID, ROLers, Anda terbiasa dengan kehidupan single parent alias menjadi ayah atau ibu tunggal selama beberapa tahun terakhir? Kini, Anda berencana untuk mengakhiri status itu dan siap membina hubungan baru bersama pria atau wanita lain di luar sana.

Menurut pakar hubungan Claire Brummel, ada setidaknya enam pertanyaan kunci yang perlu Anda jawab sebelum membuat komitmen dengan pasangan baru. Jika dari keenam pertanyaan ini Anda jawab dengan 'ya,' maka itu artinya Anda sudah siap untuk mengakhiri status single parent, dilansir dari Mother and Baby, Kamis (29/5).

1. Apakah Anda sudah melupakan kenangan sebelumnya?

Mencari pasangan baru bisa saja terasa menakutkan bagi Anda jika tanpa praktik nyata. Sebelum Anda mulai mencari pasangan baru misalnya dengan cara mengunggah foto selfie favorit Anda ke media sosial, pastikan Anda benar-benar telah melepaskan dan mengikhlaskan hubungan Anda sebelumnya, termasuk itu kenangan yang romantis, emosional, atau baik buruk hubungan yang Anda bina bersama pasangan yang lama.

Sebab, Anda harus memulai sebuah hubungan baru dengan perasaan yang baru dan bersih. Bawa kenangan lama itu sebagai pembelajaran ke depan, namun tinggalkan perasaan dan emosional yang menyertainya di belakang.

2. Apakah Anda sudah kembali ke jati diri Anda?

Hubungan jangka panjang dengan pasangan sebelumnya bisa mengubah pribadi Anda sampai batas waktu tertentu, terutama ketika Anda juga sudah menjadi orang tua dari seorang atau beberapa orang anak. Brummel menyarankan Anda harus kembali ke jati diri Anda sebelumnya, menjadi sosok yang benar-benar diri Anda tanpa dibayangi oleh masa lalu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapuskan segala pikiran bersalah dan kegagalan yang mungkin Anda rasakan setelah berpisah atau bercerai. Sangat penting untuk memanjakan diri Anda sebagai seorang wanita atau seorang pria seutuhnya, serta melepaskan sejenak beban seorang ibu atau ayah.

Luangkan waktu Anda untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman, atau bersenang-senang dengan melakukan hal yang Anda sukai.

3. Apakah Anda bahagia dengan diri sendiri?

Sebelum Anda berpikir tentang kencan, yang Anda butuhkan adalah merasa bahagia dengan diri sendiri. Jika Anda sedang mencari pasangan hidup baru hanya untuk melengkapi kebahagiaan Anda, maka itu adalah alasan yang salah.

Brummel mengatakan jika seseorang sudah bisa merasa bahagia dengan dirinya sendiri apa adanya, maka dia akan menemukan kepercayaan diri yang fantastis untuk bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin saja salah satu dari mereka akan menjadi pasangan Anda berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement