Jumat 30 May 2014 04:30 WIB

Pasaman Barat Turunkan 300 Personil Pengamanan TdS

Tour de Singkarak
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Tour de Singkarak

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPEK -- Sekitar 300 orang personil akan diturunkan untuk pengamanan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada 8 Juni 2014.

"Faktor pengamanan menjadi perhatian serius bagi kami. Petugas keamanan itu akan ditempatkan di rute yang akan dilalui pembalap," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Ampek, Kamis.

Ia mengatakan tim pengamanan yang dipersiapkan adalah dari Polri sebanyak 183 orang, 20 orang dari TNI, 20 orang dari Dinas Perhubungan, 10 orang dari Orari, 17 orang dari tenaga lindungan masyarakat (linmas) dan 50 orang dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Ia menyebutkan terhadap persiapan pengaman pihaknya telah membuat pemetaan petugas melalui penomoran lokasi. Tim pengamanan ini juga nantinya akan dibantu oleh tenaga dari kecamatan, wali nagari (desa) dan jorong (kelurahan).

Ia menjelaskan untuk pematangan pengamanan maka pihaknya pada 2 Juni 2014 akan melakukan gladi bersih dengan mengadakan sepeda santai dari Talu sampai Simpang Ampek.

"Gladi bersih merupakan ajang melihat sejauh mana persiapan kamia menyambut TdS," katanya.

Langkah strategis yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat adalah dengan menggelar berbagai rapat persiapan dengan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta pihak terkait lainnya seperti dari Kepolisian dan TNI.

Rumusan rapat tersebut tentunya dituangkan dalam bentuk kegiatan dan persiapan di lapangan. Masing-masing sektor atau dinas akan mempersiapkan tugasnya masing-masing.

"Kami memperoleh etape 2 yang akan dilaksanakan pada 8 Juni 2014. Etape ini akan dimulai Bonjol Pasaman-Panti-Duo Koto-Talu-Padang Tujuah dan finis di depan Kantor Bupati Pasaman Batat," jelasnya.

Untuk menyukseskan ajang bergengsi yang diikuti oleh 23 negara itu maka diantara persiapan yang telah dilakukan adalah pemasangan umbul-umbul TdS di simpang Pasaman Barau sampai depan kantor bupati.

Pemasangan baliho TdS mulai dari perbatasan Tinggam Talu sampai Simpang Ampek serta tempat strategis lainnya sebagai bentuk sosialisasi TdS kepada masyarakat.

Persiapan lainnya adalah pembersihan jalan di sepanjang jalur yang akan ditempuh, persiapan arena sprint dan finis serta persiapan ruang pers comfrence di auditorium kantor bupati.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, AKBP Sofyan Hidayat mengatakan pihaknya siap menyukseskan pelaksanaan TdS dengan menurunkan personil secara maksimal.

"Kami akan melebihkan personil untuk pengamanan TdS. Sebab, TdS merupakan ajang yang sangat menentukan nama baik Pasaman Barat di tingkat internasional," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement