Selasa 27 May 2014 08:28 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Menidurkan Bayi (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Saat siang hari biarkan anak tetap terjaga, supaya tidurnya lebih nyenyak di malam hari.
Foto: Reuters
Saat siang hari biarkan anak tetap terjaga, supaya tidurnya lebih nyenyak di malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, ROLers, Anda harus memastikan punya pendekatan tepat untuk menidurkan bayi Anda hingga lelap. Bayi seringkali terbangun tengah malam dan menganggu jam istirahat Anda.

Bayi Anda ingin makan, menyusu, bersendawa, atau ingin dipeluk dan ditenangkan oleh ibunya. Sayangnya, Anda tidak mungkin menuruti semua kemauan si kecil sepanjang malam.

Oleh sebabnya, ada beberapa hal yang perlu orang tua sadari yaitu faktor-faktor yang membuat bayi susah tertidur lelap di malam hari, dilansir dari Mother and Baby, Selasa (27/5).

3. Lakukan hal yang sama

Tidak peduli apapun rutinitas yang Anda lakukan untuk bayi Anda sebelum mereka tidur, maka lakukanlah itu dengan konsisten layaknya sebuah rutinitas alias urutannya sama. Misalnya, mula-mula Anda memberikan botol susu kepada bayi, kemudian memandikannya, menyanyi 'Nina Bobo' sebelum tidur. Nikmati waktu yang lembut ini dengan bayi Anda sehingga mereka merasa santai. Itu akan membuatnya terlelap tidur.

4. Bayi sebaiknya terjaga di siang hari

Bayi Anda nyaris tidak pernah tidur di malam hari? Tentunya cara terbaik untuk membuat mereka lelap tidur adalah menghindari mereka terlalu banyak tidur siang.

Jika Anda membiarkan bayi Anda tidur di siang hari terlalu lama, maka matanya akan semakin nyalang di malam hari. Justru lebih baik untuk membuat bayi anda beraktivitas di siang hari sehingga bisa tidur nyenyak di malam hari.

5. Menciptakan suara-suara khusus

Ini adalah ide bagus di mana bayi mencoba mengenal suara-suara khusus yang sangat akrab di telinganya. Misalnya, bayi terbiasa mendengarkan suara nyanyian sang kakak, maka terus berikan itu sebelum mereka tidur. Ada juga bayi yang baru bisa lelap tidur dengan suara-suara yang aneh, misalnya suara menggaruk bantal, suara lantai berderit, atau suara orang memukul pintu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement