Senin 26 May 2014 17:39 WIB

Presiden Mendatang Harus Maksimalkan Pemberantasan Korupsi

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Agung Sasongko
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden yang akan datang harus maksimalkan pemberantasan korupsi di berbagai sektor. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan dan mempercepat pembangunan.

Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Rakyat Anti Korupsi (Bara Api), Bay Hakim, menyatakan korupsi di tingkat pemerintah daerah, khususnya, harus menjadi perhatian utama. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan di daerah tingkat I dan II. Infrastruktur disana tertinggal. Kalaupun ada pembangunan tidak maksimal.

"Kalau seperti ini, daerah akan semakin tertinggal," jelasnya, di Jakarta, Senin (26/5).

Dia menyatakan pengawasan keuangan di pemda baik tingkat I ataupun II, harus diperketat. Pengawasan ini disinergikan dengan percepatan pembangunan infrastruktur. "Ini untuk memaksimalkan penggunaan keuangan di daerah untuk pembangunan infrastruktur," imbuhnya.

Jika infrastruktur sudah terbangun, ditambah lagi dengan pengawasan penggunaan anggaran yang ketat, maka pembangunan diyakini semakin maksimal. "Masyarakat tentu akan semakin senang karena infrastruktur dibangun dengan cepat," imbuhnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk bersinergi dengan KPK. Jika ada penyalahgunaan anggaran dan wewenang maka patut diduga terjadi korupsi. "Laporkan ke KPK agar diselidiki," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement