Senin 26 May 2014 15:01 WIB

Cara Mencegah Masah Kulit Ketika Hamil

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perubahan pada kulit terjadi pula pada perempuan yang sedang hamil.
Foto: Reuters
Perubahan pada kulit terjadi pula pada perempuan yang sedang hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, Kalau kulit masih mulus, cegah munculnya jerawat dengan mengurangi minyak pada wajah dan mencegah penumpukan sel kulit mati di wajah. Jika tidak ditangani dengan serius, masalah ini akan terus berlanjut walau kehamilan telah berakhir dan memasuki fase menyusui. Bersihkan wajah dua sampai tiga kali sehari dengan pembersih wajah lembut dan bebas minyak.

Hindari membersihkan wajah secara berlebihan karena akan memicu produksi minyak. Tinggalkan sementara susu pembersih yang akan membuat wajah semakin berminyak. Keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut, jangan digosok.

Selain itu, jika jerawat sudah muncul, jangan sentuh jerawat dengan tangan kotor, memencet, atau menggaruk jerawat. Peradangan pada jaringan kulit di sekitarnya dan menimbulkan jaringan parut. Selain dengan membersihkan wajah, dr Iswan Syarif SpOG(K) menyarankan agar perempuan hamil melakukan pola hidup sehat.

Olah raga secara teratur dapat melancarkan sirkulasi darah. Penuhi kebutuhan tubuh akan buah-buahan dan sayur-sayuran. Jangan lupa untuk minum enam sampai delapan gelas air putih sehari. “Cukup tidur dan hindari faktor-faktor yang dapat memicu stres,” saran Iswan.

Bagaimana dengan perawatan flek wajah pada ibu hamil? Iswan mengungkapkan, flek pada wajah saat kehamilan adalah hal yang sulit dihindari karena peran hormonal dalam tubuh ibu hamil dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan berakhir, walaupun ada beberapa yang cenderung menetap.

Tapi, timbulnya flek bisa diminimalisasi dengan menggunakan pelembab yang mengandung tabir surya paling tidak SPF 15 saat akan melakukan aktivitas di luar rumah. “Tujuannya adalah untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang memicu timbulnya hiperpigmentasi kulit.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement