SPORTKU.COM - Mulai seri Mugello pada pekan depan dan seterusnya, para pembalap MotoGP akan memiliki dua pilihan sistem pengereman. Semua pembalap akan memiliki dua pilihan rem cakram depan antara 320mm dan 340mm. Penggunaan cakram 340mm pernah diwajibkan di Motegi, Jepang untuk alasan keamanan.
Rem cakram 320mm telah dibuat wajib pada akhir musim 2011 lalu dalam upaya untuk memotong biaya. Pada saat itu, tim bebas untuk memilih dari beberapa ukuran dan massa dari rem cakram. Yang berarti mereka dipaksa untuk membeli dan membawa jumlah yang cukup besar dari cakram untuk setiap perlombaan. Sementara hanya menggunakan satu atau dua ukuran.
Sayangnya, penggunaan wajib ukuran disc brake itu diberlakukan pada saat yang sama dengan kapasitas dan berat motor meningkat. Pada tahun 2012 menjadi tahun pertama pembatasan, kapasitas mesin MotoGP ditingkatkan menjadi 1000cc dan bobot yang meningkat menjadi 157kg. Satu tahun kemudian menjadi 160kg. Dengan lebih banyak daya dan hampir 7persen lebih berat.
Serangkaian masalah pengereman, terutama untuk Cal Crutchlow tampaknya terkait dengan ukuran rem cakram. Itu menjadi lebih sulit bagi tim untuk mengelola pengereman yang aman, terutama pada sirkuit tertentu. Dengan Mugello dan Barcelona untuk MotoGP selanjutnya, ini adalah waktu yang baik untuk memungkinkan rem cakram yang lebih besar.
Tentu berita ini disambut baik bagi para pembalap Yamaha (Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo) yang telah berjuang untuk mendapatkan daya pengereman lebih tinggi selama dua tahun terakhir. Cakram yang lebih besar akan membantu pengereman lebih mudah. Meskipun juga akan memerlukan perubahan untuk mengatur kekuatan pengereman yang lebih besar dan menyerap sebagian dari beban.
MotoGP setujui penggunaan rem cakram lebih besar di semua sirkuit