Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Putin: Rusia Akan Hormati Hasil Pemilu Ukraina

Sabtu 24 May 2014 14:07 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (23/5) mengatakan bahwa pemerintahannya akan "menghormati" hasil pemilihan presiden di negara tetangganya, Ukraina pada Ahad. 

Berbicara pada forum ekonomi internasional di St. Petersburg, Putin menegaskan pemerintahnya bekerjasama dengan mereka yang sedang berkuasa di Kiev. Ia juga mengaku akan bekerja sama dengan pemimpin baru yang terpilih berdasarkan pemilihan presiden di sana.
 
Tetapi ia menambahkan bahwa ia berharap pemilihan itu akan segera diikuti oleh penghentian semua aksi militer dan dimulainya dialog.
 
Putin juga mengatakan sanksi-sanksi Barat terhadap Rusia, yang diberlakukan setelah Rusia menganeksasi kawasan Krimea, Ukraina, berdampak terhadap bisnis Rusia. Ia memperkirakan sanksi-sanksi itu pada akhirnya akan menjadi bumerang bagi negara-negara yang memberlakukannya.
 
Secara khusus, ia menyebut sanksi Amerika terhadap Rusia, dengan berspekulasi bahwa tindakan itu dimaksudkan untuk meraih keunggulan yang kompetitif dengan Rusia dalam memperebutkan bisnis Eropa.

Namun, presiden Rusia itu mengatakan bahwa ia optimistis dalam menyelesaikan krisis di Ukraina dan meyakini bahwa penyelesaian itu akan memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat.

sumber : VOA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA