Kamis 22 May 2014 21:10 WIB

6 Tips Mengelola Diabetes Ketika Bepergian (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Diabetes (ilustrasi)
Foto: AP/Reed Saxon
Diabetes (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penderita diabetes, jalan-jalan atau bepergian ke suatu tempat membuat mereka sedikit stres karena banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana mengelola dan mengendalikan kondisi kesehatan mereka.

Sebab, jika di rumah, penderita diabetes biasanya mendapat bantuan dari anggota keluarga yang mengingatkan mereka tentang penyakitnyasehingga teratur makan, teratur istirahat, juga tak banyak godaan jenis-jenis makanan.

Stres yang ditemui selama perjalanan juga bisa meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes. ROLers, berikut adalah tips tentang cara untuk mengelola kondisi diabetes Anda tetap terjaga saat melakukan perjalanan, dilansir dari Easy Good Health, Kamis (22/5).

4. Catat kadar gula darah selama bepergian

Bepergian memiliki banyak efek pada manajemen diabetes, sebab melibatkan waktu duduk yang panjang. Hal ini cenderung meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Di sisi lain, jalan-jalan dan kegiatan fisik lainnya dapat menurunkan kadar glukosa. Oleh sebab itu, penting untuk mencatat kadar gula darah setelah bepergian beberapa waktu.

5. Catat menu makanan Anda

Anda harus memperhatikan tingkat karbohidrat dari setiap makanan yang Anda makan, sehingga bisa menentukan dosis insuin yang tepat. Hal ini juga penting untuk mengukur kadar gula darah untuk melihat bagaimana makanan yang Anda makan bisa memengaruhi kadar darah.

6. Informasikan teman seperjalanan

Ini tak kalah pentingnya dilakukan. Ketika Anda mengungkapkan kondisi Anda, orang tidak akan terkejut jika Anda menyuntikkan insulin ke tubuh Anda sendiri. Selanjutnya, dalam keadaan darurat, mereka mungkin tahu bagaimana membantu Anda.

ROLers, bepergian dengan diabetes adalah tugas berat, namun jika dilakukan dengan persiapan, maka menjadi lebih muda. Selalu membawa serta semua perlengkapan kesehatan Anda, dan tak lupa makanan ringan untuk menjaga kadar gula darah Anda secara berkala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement