Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Fitch Beri Peringkat Obligasi Alfamart 'AA-(idn)'

Senin 19 May 2014 13:28 WIB

Rep: Elba Damhuri/ Red: Nidia Zuraya

Gerai Alfamart

Gerai Alfamart

Foto: Wihdan Hidayat/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitch Ratings telah memberi peringkat untuk obligasi yang akan diterbitkan perusahaan peritel PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Obligasi tersebut akan jatuh tempo pada 2017 dengan peringat 'AA-'.

Dalam waktu  bersamaan, Fitch juga telah memberi peringkat untuk program obligasi berkelanjutan Alfamart sebesar Rp 2 triliun di 'AA-'. "Obligasi akan diterbitkan sebagai bagian dari obligasi berkelanjutan ini," demikian penjelasan Fitch dalam siaran persnya, hari ini.

Peringkat obligasi dan program obligasi berkelanjutan berada di level yang sama dengan peringkat nasional jangka panjang Alfamart di 'AA-' karena mencerminkan kewajiban perusahaan yang langsung, tanpa syarat, dan senior tanpa jaminan. Peringkat yang diberikan untuk program obligasi berkelanjutan bukan merupakan jaminan bahwa obligasi yang diterbitkan sebagai bagian dari program tersebut akan diperingkat. Atau, peringkat yang diberikan kepada suatu tahap penerbitan akan sama dengan peringkat dari obligasi berkelanjutan tersebut.

Peringkat nasional di kategori 'AA' menunjukkan ekspektasi akan risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. Risiko kredit hanya sedikit berbeda dari emiten-emiten atau surat-surat utang yang mendapat peringkat tertinggi di Indonesia.

Alfamart akan menggunakan sekitar 70 persen dari hasil penerbitan obligasi untuk mendanai kembali utang dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja. Demikian penjelasan Fitch.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA