Sabtu 17 May 2014 08:14 WIB

Hindari Memberikan Makanan Ini ke Anak (2-Habis)

Madu
Foto: AP
Madu

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika berhubungan dengan makanan anak, bersikap moderat adalah kunci mendapatkan kebiasaan makan yang sehat. Tetapi, sementara tidak ada yang salah dengan sepotong kue ulang tahun atau es krim sebagai pencuci mulut istimewa, ada beberapa makanan yang sebenarnya padat lemak, garam, gula, dan beberapa bahan yang tak baik bagi kesehatan.

Dikutip dari laman ivillage, berikut adalah beberapa diantaranya dan bagaimana mencari pilihan lain yang lebih sehat :

- Madu

Bagai orang tua dari bayi, hindari pemberian madu sampai ia berusia setidaknya satu tahun. Madu pasalnya mengandung spora yang bila dikonsumsi bayi bisa menyebabkan botulisme. Gejalan botulisme mencakup mulut mengering, pusing, muntah, kesulitan bernapas, hingga kematian.

Bayi memiliki sistem imunitas yang umumnya lemah dan belum matang. Mereka akan terpapar risiko besar terhadap botulisme jika menyantap madu. Untuk lebih amannya, dokter anak merekomendasikan pula menghindari makanan-makanan yang mengandung madu. Misalnya biskuit bayi rasa madu. Sebab proses pemasakan tidak membuat spora botulisme dalam madu mati.

- Minuman olah raga

Entah itu minuman yang diberi tambahan vitamin atau minuman elektrolit, minuman seperti ini yang sering disebut sports drink atau minuman olah raga, bukan pilihan terbaik bagi anak. Selain mengandung lebih dari 100 kalori per botolnya atau lebih, pakar mengatakan minuman dengan rasa manis ini bisa membuat anak kecanduan dengan rasanya. Hingga memilih berhenti minum air putih karena rasanya yang tidak ada.

Pakar menyarankan, orang tua menghindari pemberian minuman ini kecuali saat anak sedang berolahraga di bawah terik matahari dan mengeluarkan banyak keringat. Coba tawarkan susu cokelat ketimbang minuman olah raga. Menurut studi, rasio protein dan karbohidrat dalam susu cokelat jauh lebih baik untuk otot anak.

- Yogurt anak

Yogurt adalah makanan yang kaya protein dan kalsium. Tapi, banyak varian yogurt khusus anak (yaitu yang bergambar hewan atau kartun) justru kaya pewarna buatan dan asupan gula lebih dari 25 gram per porsinya.

Untuk pilihan yang lebih sehat, beli yogurt rendah lemak biasa atau greek yogurt. Maniskany dengan tambahan gula (jika anak berusia di atas 1 tahun) atau maniskan dengan tambahan buah potong kesukaan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement