Sabtu 17 May 2014 07:50 WIB

Hindari Memberikan Makanan Ini ke Anak (1)

Tak semua sereal cocok dimakan anak karena kandungan gula yang tinggi dan rendah serat.
Foto: AP
Tak semua sereal cocok dimakan anak karena kandungan gula yang tinggi dan rendah serat.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika berhubungan dengan makanan anak, bersikap moderat adalah kunci mendapatkan kebiasaan makan yang sehat. Tetapi, sementara tidak ada yang salah dengan sepotong kue ulang tahun atau es krim sebagai pencuci mulut istimewa, ada beberapa makanan yang sebenarnya padat lemak, garam, gula, dan beberapa bahan yang tak baik bagi kesehatan.

Dikutip dari laman ivillage, berikut adalah beberapa diantaranya dan bagaimana mencari pilihan lain yang lebih sehat :

- Daging prosesan

Sosis tak hanya kaya lemak, garam, dan nitrat (yang sudah lama dikaitkan dengan kanker). Makanan yang satu ini juga bisa membuat anak tersedak jika tidak dipotong-potong dalam bentuk kecil.

Studi yang dilakukan sebuah jurnal kesehatan menemukan pula bahwa daging merah yang diproses, misalnya sosis atau salami, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Sementara laporan dari American Institute for Cancer Research dan World Cancer Research Fund menemukan bahwa menyantap daging yang diproses meningkatkan risiko kanker usus.

Untuk pilihan yang lebih sehat, sosis dari kalkun atau ayam lebih baik ketimbang sapi. Jika memungkinkan pilih yang kadar garamnya rendah hingga organik tanpa tambahan nitrat.

- Snack buah

Jangan biarkan kata-kata buah mengelabui Anda. Permen kenyal (gummy) yang disebut terbuat dari buah begitu kaya dengan gula hingga lebih tepat disebut sebagai permen. Termasuk, kudapan-kudapan buah yang difortifikasi dengan vitamin C. Makanan seperti ini juga cenderung menyangkut di gigi anak hingga bisa menyebabkan masalah kesehatan di gigi.

Berikan makanan-makanan seperti ini sesekali saja. Tapi jika orang tua ingin menyajikan kudapan dari buah, pilih buah segar potong atau buah yang dikeringkan. Seperti kismis.

- Sereal bergula

Jangan tertipu dengan boks sereal yang mengatakan mengandung banyak vitamin dan mineral. Lembaga yang mengurus konsumen di Amerika menyatakan dari 27 sereal yang mengatakan bisa dimakan anak-anak, hanya empat diantaranya yang tergolong rendah gula dan kaya serat.

Lainnya, ternyata kurang kandungan seratnya atau mengandung terlalu banyak gula. Pilih sereal yang mengandung kurang dari 10 gram gula dan setidaknya 3 gram serat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement