Jumat 16 May 2014 19:53 WIB

Deschamps Menularkan Mental Juara ke Prancis

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Citra Listya Rini
Didier Deschamps
Foto: Reuters/Charles Platiau
Didier Deschamps

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Karier Didier Deschamps sebagai pemain sangat cemerlang. Bersama Marseille, ia meraih dua gelar Ligue 1 dan satu Liga Champions. Sedangkan untuk Juventus, Deschamps mempersembahkan 10 gelar.

Di tim nasional Prancis, Deschamps merupakan bagian sejarah saat Prancis menjadi juara pada Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Mental juara Deschamps menular di dunia kepelatihan.

Mengawali karier di AS Monaco, ia sukses mempersembahkan gelar  Piala Liga Prancis pada 2003 dan membawa Monaco ke final Liga Champions pada 2004. Mental juara Deschamps semakin terbukti ketika berhasil membawa Juventus kembali ke Serie A dengan menjadi juara Serie B pada musim 2006-2007.

Deschamps memiliki cara pandang berbeda soal mental juara. Bagi dia, seseorang yang memiliki mental juara bukanlah orang yang ingin selalu memenangkan pertandingan, tetapi orang yang bisa menghargai pertandingan. Pun, ia tidak suka apabila ada seseorang yang sudah memprediksikan kemenangan ataupun kekalahan sebelum bertanding.

"Sepak bola bukan ilmu pasti. Sesuatu yang tidak mungkin, bisa sangat mungkin terjadi. Jadi jangan angkuh dan jangan pula rendah diri. Prinsip ini yang saya tanamkan di timnas Prancis untuk bertanding di Piala Dunia 2014," kata Deschamps dilansir laman French Football Weekly.

Dengan prinsipnya itu, Deschamps pun tidak senang meskipun ada prediksi yang menyebut Prancis sebagai kandidat juara. Mantan kapten Prancis tersebut bahkan menyebut hal itu sebagai omong kosong.

"Jika Anda berbicara Prancis akan menjadi juara, itu sebuah kebohongan. Faktanya kami tidak termasuk dalam tim delapan besar," kata Deschamps menambahkan.

Akan tetapi, ujar Deschamps, bukan berarti Prancis merasa rendah dan tidak bisa mengalahkan tim yang lebih kuat. Yang terpenting bagi dia, para pemain Prancis harus memiliki mental juara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement