Jumat 16 May 2014 19:43 WIB

Ribery Ingin Kembalikan Harga Diri Prancis

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Citra Listya Rini
Franck Ribery
Franck Ribery

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- "Kami berharap bisa tampil baik di Brasil karena sangat ingin membahagiakan suporter". Pernyataan itu dilontarkan winger Prancis, Frank Ribery dalam sebuah wawancara ekslusif kepada FIFA belum lama ini.

Ribery berharap rekan-rekannya bisa merebut kembali harga diri serta kredibilitas sebagai tim kuat dunia. Prancis juga ingin membangkitkan kembali kecintaan para suporter.

Empat tahun lalu, Prancis yang berstatus sebagai runner-up Piala Dunia (PD) 2006, luluh lantak di Afrika Selatan. Tim berjuluk Ayam Jantan itu harus angkat koper di babak penyisihan grup. Tragisnya, tim ini menjadi juru kunci tanpa meraih kemenangan.

Perpecahan di tubuh tim pun tak bisa terelakkan. Semua bermula ketika pelatih Raymond Domenech mendepak Nicolas Anelka akibat bertindak indisipliner. Para pemain yang mendukung Anelka pun ikut-ikutan bersitegang dengan sang pelatih.

Tak ayal, Piala Dunia 2010 bisa dibilang sebagai pengalaman terburuk Prancis. Tak mau memori kelam itu makin lama membekas, Prancis pantang mengulang kegagalan di Brasil. Tergabung di dalam grup yang terbilang ringan bersama Swiss, Ekuador, dan Honduras, haram hukumnnya bagi Prancis jika tidak bisa melaju ke fase gugur.

"Kami sangat bangga bisa tampil di Brasil. Semoga kami bisa menebus segala kesalahan. Ini mungkin akan jadi Piala Dunia terakhir saya," Ribery menambahkan.

Pelatih Didier Deschamps sudah menentukan 23 pemain yang akan diboyong ke Brasil. Deschamps membuat kejutan dengan tidak menyertakan nama Samir Nasri. Padahal pemain itu baru baru saja mengantarkan Manchester City merengkuh gelar Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement