Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

DKI Luncurkan Logo HUT ke-487

Jumat 16 May 2014 19:26 WIB

Red: Agung Sasongko

 Logo HUT Ke-487 Kota Jakarta

Logo HUT Ke-487 Kota Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BALAI KOTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-487 Kota Jakarta yang akan diperingati setiap 22 Juni.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Ketua Harian Panitia HUT Jakarta Bambang Sugiyono, dan Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (16/5).

Basuki mengaku menyambut baik acara perayaan HUT Kota Jakarta pada tahun ini karena mengangkat apreasiasi kepada salah satu seniman tokoh Betawi, yaitu Ismail Marzuki."Sebetulnya saya pribadi tidak suka acara seni dan budaya. Pak Gubernur (Jokowi) yang lebih suka. Karena saya tidak mengerti seni. Tapi, saya tetap menyambut baik perayaan HUT Jakarta, apalagi kali ini sekaligus memberikan penghargaan kepada Ismail Marzuki," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Ketua Harian Panitia HUT Jakarta, Bambang Soegiyono mengatakan, logo HUT Jakarta kali ini diinspirasi oleh perkembangan Kota Jakarta ke arah yang lebih maju. "Logo baru itu dilandasi nilai-nilai multikultural, menumbuhkan apresiasi, kepedulian dan kecintaan masyarakat ibu kota terhadap karya seni dan budaya anak bangsa, khususnya budaya Betawi," ujar Bambang.

Dia menuturkan logo HUT yang berbentuk angka 487 itu didominasi dengan tiga warna, yakni kuning, biru, dan hijau. Di dalam angka tersebut, tergambar pola garis zig zag dan segitiga.

"Garis zig zag berarti dinamika gerak cepat pertumbuhan Kota Jakarta dan segitiga berarti gambaran hubungan antara manusia dengan Tuhan dan alam. Keduanya melambangkan harapan masa depan Jakarta menjadi kota yang lebih maju dan aman," tutur Bambang.

Selanjutnya, dia mengungkapkan warna oranye menggambarkan kekuatan dan kehangatan warga Jakarta. Warna biru melambangkan komunikasi, kreatifitas dan kepercayaan. Sedangkan warna hijau merepresentasikan bumi, kesuburan dan kesinambungan.

Tema HUT Kota Jakarta Ke-487 adalah "Jakarta Baru, Jakarta Maju" yang mengusung konsep kemajuan dan kebersamaan. Pencanangan HUT Kota Jakarta akan dilakukan Ahad (1/6) mendatang di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA