Selasa 13 May 2014 17:50 WIB

Universitas Andalas Gelar Festival Budaya Jepang

Universitas Andalas
Universitas Andalas

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Program studi (Prodi) Sastra Jepang Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), kembali menggelar festival kebudayaan Jepang atau "Bunkasai" yang ke X pada 12 hingga 13 April 2014 di Kampus Unand Padang.

"Sama seperti tahun sebelumnya, untuk Bunkasai tahun ini, masih mengadakan kompetisi yang berhubungan tentang Jepang, dimana melibatkan ratusan siswa sekolah menengah," kata panitia acara, Radia di Padang, Selasa (13/5).

Ia menyebutkan, untuk Bunkasai tahun ini terdapat penambahan jenis kompetisi dansa atau menari, kompetisi pakaian anime Jepang atau Cosplay, membuat animasi Jepang dan lain sebagainya.

Selain itu, ia menyebutkan, ada berbagai hasil kreatifitas mahasiswa Sastra Jepang bekerja sama dengan komunitas Jepang se-Kota Padang.

Seperti penampilan nyanyi Bahasa Jepang, pemutaran mini dorama dan "Nihonboyou" drama, serta demo masakan Jepang.

Disamping tentunya pameran dan Bazaar yang menjual souvenir dan berbagai benda yang berasal dari Jepang, katanya.

"Kesemua acara Bunkasai ini dapat diikuti secara gratis dan tidak terbatas untuk berbagai Usia," katanya.

Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di kota Padang untuk dapat hadir dan mengikuti segala acara festival Bunkasai X ini.

Ia menjelaskan kegiatan yang merupakan acara rutin Prodi Sastra Jepang ini membutuhkan dukungan dari masyarakat agar pelaksanaan tiap tahun meningkat kualitasnya.

Sementara itu, Kepala Sub bagian Humas dan Protokol Unand, Eriyanty mengatakan bahwa kegiatan seperti Bunkasai ini merupakan aset bagi Unand untuk mengenalkan diri kepada masyarakat.

Adanya festival ini menandakan bahwa Unand tidak hanya identik dengan pendidikan dan pengajaran, melainkan juga memiliki karakteristik dalam pengembangan budaya.

Selain itu, dengan hadirnya pengunjung yang berasal dari luar Unand, secara tidak langsung dapat mengenalkan Unand beserta fasilitas dan suasananya.

Terutama bagi para siswa yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi di masa yang akan datang.

Secara keseluruhan festival Bunkasai ini dapat menjadi promosi pendidikan dan kebudayaan yang baik untuk Unand, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement