Sabtu 10 May 2014 12:37 WIB

Mendikbud Resmikan Fakultas Kedokteran UNIPA di Sorong

Mendikbud  Mohammad Nuh
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mendikbud Mohammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meresmikan Kampus II Fakultas Kedokteran Universitas Papua di Sorong, Sabtu (10/5).

"Kemajuan pendidikan di Papua sudah menunjukkan hasilnya, meskipun kita berjuang keras mewujudkannya," kata Mendikbud saat acara puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Aimas, Sorong, Papua Barat.

Dia menambahan peresmian kampus itu sebagai wujud pemerataan pendidikan di daerah tersebut. Kampus utama UNIPA dengan kekhususan pertanian terletak di Manokwari. Mendikbud juga akan meresmikan Kampus III dengan kekhusuan perikanan dan kelautan UNIPA di Raja Ampat.

"Pendidikan pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia," jelas dia.

Secara keseluruhan pendidikan di Provinsi Papua Barat dan Papua sudah mulai bangkit jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kemdikbud melihat pendidikan di Papua dan Papua Barat sama pentingnya dengan pendidikan di Jakarta.

"Anak-anak Papua bisa jadi guru, dokter, polisi. Bisa jadi apa saja. Bukan tidak mungkin, 20 hingga 30 tahun lagi anak Papua jadi presiden," katanya.

Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi mengatakan masalah utama dari pendidikan di Papua adalah pemerataan dan akses pendidikan.

"Oleh karena itu, peningkatan kualitas menjadi sesuatu yang mutlak," kata Abraham.

Tugas pemerintah adalah menggerakkan dan membantu penyebaran layanan pendidikan.

Gubernur Abraham mengharapkan dengan penyebaran kampus UNIPA itu bisa membantu anak-anak Papua Barat. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement