Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Ludes Tiket KA Lebaran Hingga H+3

Kamis 08 Mei 2014 21:11 WIB

Rep: eko widiyatno/ Red: Taufik Rachman

Kereta Ekonomi (ilustrasi)

Kereta Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Hari Raya Idul Fitri, masih dinilai sangat berarti bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan masih tingginya animo masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dengan menggunakan untuk sarana angkutan KA. Sejak H-6 sebelum lebaran, tiket KA reguler benar-benar sudah ludes terjual.

Sementara untuk hari-hari sesudah lebaran atau musim arus balik, kondisinya demikian juga. Bahkan untuk perjalanan KA H+2 dan H+3 setelah lebaran, tiket mudik KA reguler yang disediakan, juga sudah habis terjual.

''Ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia, benar-benar masih memegang kuat tradisi mudik pada masa lebaran. Meski lebaran sudah berlalu, ternyata warga ingin mudik ke kampung halaman masih sangat tinggi,'' kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, Kamis (8/4).

Menurut Surono, dari data online Rail Ticketing System (RTS) PT KAI, tercatat bahwa tiket mudik dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya hingga H+3 setelah lebaran, juga sudah habis.

Data pantauan online ticketing Kamis (8/5) pagi, menunjukan tiket KA untuk  mudik lebaran dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogya, Malang dan Surabaya yang telah terjual  habis adalah untuk keberangkatan H-6 (22/7) sampai dengan H2 lebaran (29/7).

''Untuk tanggal-tanggal ini semua KA reguler telah habis terjual. Bahkan untuk KA bisnis dan ekonomi, yang tiketnya sudah habis terjual adalah untuk perjalanan H-7 (21/7) hingga H+2 setelah lebaran,'' katanya.

Sementara untuk tiket arus balik pasca lebaran tujuan Jakarta, tiket keberangkatan H+3 (1/8) sampai dengan H+8 (6/8)  juga telah habis terjual. Sementara untuk H+2 (31/7) tinggal menyisakan 170 an tiket hanya untuk KA Bima. Untuk KA- KA yang lain keberangkatan H+2 sampai dengan H+8 semua telah habis.

Seluruh tiket yang telah terjual habis tersebut merupakan tiket KA reguler. Sedangkan tiket KA tambahan lebaran belum dibuka penjualannya. ''Kami masih terus melakukan persiapan sarana untuk KA tambahan lebaran. Setelah persiapan sarana tuntas, baru penjualan tiket KA Tambahan Lebaran akan dibuka,'' katanya.

Berdasarkan data tersebut,  jumlah tiket lebaran untuk KA reguler lintas selatan (jurusan Jakarta dan Bandung) yang telah terjual mencapai 83 persen dari seluruh jumlah tiket. ''Yang tersisa tinggal 17 persen  atau sekitar 56.000-an lembar dari total 338.000 tiket lebaran,'' jelasnya.

Jumlah yang masih tersisa tersebut terdiri dari tiket mudik dan balik KA jurusan Bandung sekitar 36.000 an lembar dan KA jurusan Jakarta sekitar 20.000 an lembar. Tiket mudik dari Jakarta yang masih ada adalah untuk H-10, H-9, H-8 dan sedikit H-7. Sedangkan dari Bandung masih tersedia untuk H-10 sampai H-5. n wid

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA