Rabu 07 May 2014 20:31 WIB

Joachim Loew Pusing Tentukan Skuat Jerman

Joachim Loew
Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pelatih timnas Jerman Joachim Loew akan mengumumkan tim sementaranya untuk Piala Dunia pada Kamis (6/7) waktu setempat. Akan tetapi ia tahu bahwa itu mungkin bukan tim terbaiknya sebab cedera dan penurunan penampilan telah menghantam sejumlah pemain kunci pada masa-masa terburuk.

Loew mengatakan pada Maret lalu bahwa ia hanya menginginkan pemain-pemain paling bugar di timnya untuk turnamen di Brasil, dimana mereka akan menghadapi suhu panas dan lembab yang diperburuk dengan waktu dimulainya pertandingan yang lebih awal, serta perjalanan-perjalanan panjang antara beberapa tempat pertandingan.

Namun dengan kondisi beberapa pemain seperti pengatur permainan Bastian Schweinsteiger dan pencetak gol terbanyak Miroslav Klose masih jauh dari penampilan terbaiknya, Loew mungkin harus membuat beberapa keputusan sulit pada Kamis nanti.

Jerman berada di Grup G bersama AS, Ghana, dan Portugal pada turnamen yang akan dimulai pada Juni. "Saat ini kami hanya memiliki tujuh atau delapan pemain yang berada dalam kondisi terbaiknya," kata Loew kepada majalah Stern pada Rabu. "Seluruh situasi ini menimbulkan sakit kepala."

"Klose, (Sami) Khedira, (Mario) Gomez, (Ilkay) Guendogan, Schweinsteiger. Mereka semua merupakan pilar-pilar tim kami ,namun mereka kekurangan ritme pertandingan," ucapnya.

Gelandang bertahan Khedira baru kembali dari robek ligamen cruciate pada tahun lalu. Sedangkan gelandang Guendogan masih menjalani pemulihan akibat cedera punggung yang dideritanya sejak Agustus tahun lalu.

Pemain Bayern Schweinteiger absen pada sebagian besar musim ini karena rentetan cedera, demikian juga penyerang Gomez yang jarang dimainkan Fiorentina pada musim ini.

Pemain-pemain yang masuk daftar itu adalah Sven Bender asal Borussia Dortmund, serta pemain Schalke 04 Benedikt Hoewedes, yang berharap dapat kembali pada Sabtu setelah beberapa pekan menepi karena cedera, dan pemain Hamburg SV Marcell Jansen, sehingga pilihan-pilihan untuk Loew menjadi semakin terbatas.

Mesut Ozil juga baru kembali dari cedera setelah menjalani musim medioker di Arsenal, demikian juga bek Dortmund Marcel Schmelzer. Sedangkan penampilan pemain Bayern Munich Toni Kroos dan Jerome Boateng sedang merosot sejak klub mereka memenangi gelar liga pada Maret.

Jerman bertekad mengakhiri puasa gelar yang telah berlangsung 18 tahun, dan Loew berkata dirinya sangat ingin memenuhi tuntutan itu, namun memperingatkan bahwa mereka bukanlah satu-satunya tim yang mengincar trofi.

"Kami memiliki peluang-peluang untuk memenangi gelar namun tim-tim lain memiliki peluang besar yang seimbang, namun ini adalah sesuatu yang tidak ingin didengar siapapun pada saat ini," tambahnya.

"Sebagai pelatih punggung Anda selalu menghadap tembok. Jika Anda menang maka Anda akan dirayakan seperti Messiah bagi seluruh masyarakat, namun saat Anda kalah, maka Anda merupakan musuh masyarakat nomor satu."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement