Rabu 07 May 2014 11:00 WIB

Tips Sukses Berbisnis Mode

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Butik Muslimah Menjamur. Pembeli memilih pakaian di butik muslimah di pusat perbelanjaan, Jakarta, Selasa (6/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Butik Muslimah Menjamur. Pembeli memilih pakaian di butik muslimah di pusat perbelanjaan, Jakarta, Selasa (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, Menggagas sebuah bisnis tidak pernah mudah. Termasuk bisnis mode. Tanpa kreativitas serta kerja keras, bisnis yang sudah dicoba umumnya sulit berkembang. Berikut sejumlah tips yang dibutuhkan untuk terjun di dunia mode Tanah Air :

- Miliki jiwa entrepreneur, yaitu ulet, kreatif, jujur, memiliki semangat yang tinggi, serta dapat dipercaya. Teladanilah semua sifat Nabi Muhamad SAW. “Motivasi tertinggi tetaplah agama,” ujar Feny Mustafa yang menjadi konsultan bisnis di beberapa perusahaan kecil dan menengah.

- Tentukan segmen pasar. Sejak awal, buatlah standar produk yang baik. Dengan produk yang berkualitas, Anda akan lebih percaya diri memasang harga. Yakinkan diri, Anda bisa bersaing di segmen pasar yang sudah diambil.

- Menjadi pemain baru, Anda akan mendapati persaingan ketat di industri busana Muslimah. Lakukan terobosan dalam desain. Asah terus kreativitas desain, lantas buatlah terobosan pemasaran. “Susun konsep bisnis dengan matang,” ungkap Feny yang juga mentor di program Creative and Cultural Entrepreneurship (CCE) MBA Institut Teknologi Bandung.

- Survei pasar dan perilaku konsumen di area showroom yang akan dibuka. Mantapkan hati untuk lanjut berbisnis jika hasil survei tersebut membuat Anda menjadi optimistis.

- Sejak awal menjalankan bisnis, kelola uang dengan baik. Hindari pola lebih besar pasak daripada tiang. Ketika meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan lain, gunakan dana tersebut hanya untuk usaha. “Pinjaman Shafira dari BUMN benar-benar untuk usaha, 10 tahun kemudian alhamdulillah Shafira sudah tumbuh pesat dan dipercaya perbankan,” jelas Feny.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement