Selasa 06 May 2014 16:21 WIB

Jalan Menuju Perkawinan Bahagia (3-Habis)

Pasangan suami istri
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, Pernikahan yang mulus dan sukses sempurna mungkin tak pernah ada. Tapi, jalan menuju itu sangat terbuka lebar.

Persoalannya juga bukan karena Anda tak menemukan orang yang benar-benar sesuai bagi Anda. Pernikahan akan sukses jika Anda berdua memiliki komitmen mau berusaha untuk itu. Itu sebabnya disebutkan bahwa menikah itu sebagian daripada iman.

Sr Muntaqima Abdur-Rashid, konsultan pernikahan, memberikan tips yang sebagian besar berasal dari 'sekolah pernikahannya selama 14 tahun'.

11. Jangan besar pasak daripada tiang

Jangan ikuti gaya hidup orang lain jika itu tak sesuai dengan kemampuan rumah tangga Anda. Jangan kecilkan penghasilan suami karena tak dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Yang terpenting terus berusaha dan berprestasi sambil terus mensyukuri nikmat yang ada.

12. Hargai sisi kehidupan pribadi pasangan

Sedikit waktu dalam kehidupan pernikahan untuk kehidupan pribadi justru dapat menjadi ajang tafakur tentang betapa berharganya makna pernikahan dan keluarga. Sesekali kita mungkin perlu bepergian sendiri atau menyendiri untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Menghargai privacy pasangan juga berarti saling mengembangkan kepercayaan dan sekaligus menjaga kepercayaan bersama.

13. Tak mudah menyebarkan persoalan rumah tangga pada orang lain

Jika Anda merasa harus mendiskusikan persoalan rumah tangga pada orang lain, yakinkan bahwa orang tersebut dapat dipercaya.

14. Sensitiflah pada perasaan pasangan

Jika Anda ingin berbagi kesenangan atas prestasi kerja di kantor, jangan lakukan saat pasangan sedang merasa sedih atau bad mood. Selain Anda mungkin tak akan mendapat respons seperti yang diharapkan, pasangan juga akan merasa Anda tak berperasaan terhadap dirinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement