Senin 05 May 2014 07:15 WIB

Bagaimana Aturan Makan Sebelum Berolah Raga?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Lakukan diet sehat dengan makanan seimbang dan olahraga
Foto: metro-medispa.com
Lakukan diet sehat dengan makanan seimbang dan olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan sebelum berolah raga bukanlah ide baik, terutama karena dapat menghambat kinerja atau gangguan pencernaan, mual, lesu, muntah, bahkan diare. Hal ini dapat dikaitkan dengan perubahan yang disebabkan sistem otot dan pencernaan yang bersaing mendapatkan energi dari makanan yang Anda konsumsi.

Namun, sebagian orang yang tidak makan sebelum berolah raga juga menghadapi konsekuensi lain. Misalnya, mereka tidak termotivasi, lelah, dan lemah akibat kadar gula darah berkurang.

Untuk alasan ini, Anda penting untuk makan pada waktu yang tepat sebelum berolah raga. Sarapan yang terlalu banyak bisa menyebabkan Anda kesulitan bergerak untuk joging pagi. Berikut adalah beberapa poin penting untuk diingat saat Anda menjadwalkan makan sebelum berolah raga, dilansir dari Easy Good Health, Senin (5/5).

1. Waktu terbaik untuk makan sebelum berolah raga

Jika Anda tidak sempat makan sebelum berolah raga, maka perut Anda akan persis seperti mobil yang tangki minyaknya kosong. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk makan setidaknya adalah dua jam sebelum berolah raga.

Namun, jika Anda berniat untuk makan banyak, maka lebih baik mengonsumsinya tiga jam sebelum berolah raga. Makanan ringan di sisi lain juga bisa dikonsumsi dua jam sebelum berolah raga.

Jika lapar menyerang sebelum berolah raha, Anda bisa makan makanan ringan. Makanan yang dianjurkan adalah makanan berkarbohidrat, seperti sereal gandum dengan susu skim, roti gandum, yogurt rendah lemak, pasta, buah, sayur, dan beras merah.

2. Makan setelah berolah raga

Mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat satu jam setelah berolah raga juga dianjurkan. Ini untuk membangun energi Anda. Ada baiknya Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Protein juga perlu dikonsumsi untuk membantu membangun dan memperbaiki otot Anda, sertakan juga gandum, sandwich selai kacang, atau kentang panggang.

Pedoman sederhana yang diuraikan di atas seharusnya membuat Anda lebih mudah untuk mengatur jadwal makan Anda. Yang terpenting adalah jangan makan ketika lapar, makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang. Dengan cara ini, Anda bisa mengatur jadwal olah raga dan jadwal makan yang lebih efektif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement