Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Mobil Toyota Buatan Indonesia Makin Diminati Dunia

Ahad 27 Apr 2014 16:24 WIB

Red: Nidia Zuraya

Sejumlah pekerja melakukan pengecekan tahap akhir mobil The All New Vios & Limo produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Pabrik Krawang 2, Kawasan Industri Karawang Internasional City, Jawa Barat, Rabu (18/12).

Sejumlah pekerja melakukan pengecekan tahap akhir mobil The All New Vios & Limo produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Pabrik Krawang 2, Kawasan Industri Karawang Internasional City, Jawa Barat, Rabu (18/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil Toyota yang dibuat di Indonesia semakin diminati konsumen di sejumlah negara di dunia, kata Wakil Presdir PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono. "Dulu sebagian besar masyarakat dunia, bahkan di Indonesia, hanya mau mobil (Toyota) buatan Jepang," kata Warih Andang Tjahjono di Jakarta, Ahad (27/4).

Namun kini, lanjut dia, mobil Toyota buatan Indonesia sudah diterima dan makin digemari masyarakat, tidak hanya domestik, tapi juga luar negeri. Hal itu terbukti dari varian mobil Toyota yang semakin banyak diekspor ke mancananegara dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun. "Kami sedang mempersiapkan ekspor 'sedan Yaris' yang permintaan dari Timur Tengah terus meningkat," kata Warih.

Pada 2012 Toyota melalui TMMIN telah mengekspor 118 ribu unit mobil ke berbagai negara di dunia, termasuk kawasan ASEAN, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin. Jumlah tersebut sekitar 70 persen dari ekspor mobil secara nasional. "Kapasitas produksi kami mampu mengantisipasi peningkatan permintaan domestik maupun ekspor," kata Warih.

Menurut dia, kapasitas pabrik Karawang 2, di Jawa Barat, yang beroperasi pada awal 2014 lalu sebesar 120 ribu unit/tahun mampu mengantisipasi lonjakan permintaan. Saat ini, Toyota melalui TMMIN telah memproduksi sebagian besar mobil yang dipasarkan di Indonesia, dan kemudian juga diekspor, antara lain Avanza, Rush, Fortuner, Innova, dan terakhir 26 Maret 2014 Vios (sedan Yaris) mulai diekspor ke sembilan negara di Timur Tengah.

Selain itu, TMMIN juga memproduksi sejumlah model lainnya khusus untuk pasar domestik mulai dari Low Cost and Green Car (LCGC) Astra Toyota Agya, Etios Valco, dan MPV medium NAV-1. "Saat ini sekitar 90 persen mobil Toyota yang dipasarkan di Indonesia dibuat di negeri ini," kata GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati menambahkan.

Model lain yang masih diimpor Toyota dari Thailand dan Jepang, kata dia, antara lain sedan Corolla Altis dan Camry, kemudian MPV Alphard, serta pick-up Hilux. "Mobil-mobil Toyota yang laris justru sebagian besar diproduksi di Indonesia," kata Widyawati. Mobil tersebut antara lain Avanza dan Kijang Innova.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA