Rabu 23 Apr 2014 10:25 WIB

Menghindari Munculnya Jerawat (1)

Wajah mulus bebas jerawat
Foto: hudabeauty.com
Wajah mulus bebas jerawat

REPUBLIKA.CO.ID, Terkadang kulit terlihat sangat sulit untuk diatur, terutama saat kita bangun tidur dan menemukan banyak tumpukan minyak atau komedo di sekitar hidung dan juga kulit mengering di sekitar mulut. Jangan khawatir karena ada cara mencegah maupun mengatasi masalah kulit yang sering kita hadapi.

Jerawat mulai tumbuh saat pori-pori wajah tersumbat oleh cairan sejenis minyak yang disebut sebum hingga menyebabkan kulit dan rambut berminyak. Dan ingatlah bahwa jerawat bukan disebabkan oleh wajah yang kotor, tapi oleh tertutupnya pori-pori wajah yang terinfeksi oleh bakteri.

Produksi sebum diketahui meningkat seiring peningkatan konsumsi terhadap kalori. Konsumsi kalori yang meningkat bisa meningkatkan produksi hormon testosteron yang bertanggung jawab terhadap produksi jerawat.

Jerawat sangat umum di masa puber, saat produksi hormon bertambah, yang menyebabkan produksi sebum meningkat. Karena, kelenjar minyak banyak menghasilkan minyak pada daerah hidung, dahi, dan dagu.

Ketiga area wajah tersebut membentuk T Zone yang lebih cenderung menimbulkan jerawat.

Munculnya jerawat juga dipengaruhi oleh pola tidur kita. Penelitian mengindikasikan bahwa jumlah hormon meningkat saat pola tidur kita terganggu. Peningkatan jumlah hormon ekuivalen dengan peningkatan produksi sebum.

Saat tidur, sel kulit melakukan perawatan dan meregenerasi sel-sel mati. Begitu juga sel-sel tubuh kita, melakukan perbaikan setelah seharian penuh bekerja.

Pergilah tidur 1-2 jam lebih awal dari biasanya. Dalam beberapa hari pandanglah wajah, maka Anda akan menemukan tampilan yang lebih bersih dan lebih sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement