Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Manfaat Madu yang Sering Dilupakan

Selasa 22 Apr 2014 15:59 WIB

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Mansyur Faqih

Madu

Madu

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madu termasuk pemanis tertua di dunia yang memiliki berbagai khasiat. Mulai dari peremajaan kulit hingga menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat madu yang sering dilupakan seperti dilansir womenity.com:

- Meningkatkan energi secara alami

Jika ingin meningkatkan energi secara alami, Anda bisa mencoba menambahkan madu pada menu makan anda. Cara ini diyakini juga bisa membantu jika anda sedang berusaha mengurangi konsumsi kopi.

- Obat untuk sakit tenggorokan

Madu merupakan salah satu obat yang manjur mengobati sakit tenggorokan. Caranya, cukup konsumsi beberapa sendok teh madu. Bisa juga diampur dengan sedikit garam dan jus lemon.

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu mengandung antioksidan yang tinggi. Kombinasi madu dengan lemon cukup membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Kombinasi ini sangat baik, terutama jika dikonsumsi oleh orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Aktivitas di luar berpotensi meningkatkan interaksi dengan kuman. Agar tak mudah sakit, hal ini perlu diimbangi dengan peningkatan imunitas tubuh.

Anak-anak juga bisa mengonsumsi madi untuk melewati musim dingin dan mencegah flu. Namun, perlu diingat, anak di bawah umur satu tahun tidak diizinkan mengonsumsi madu.

- Membantu tidur lebih nyenyak

Jika mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk menambahkan madu ke dalam secangkir susu hangat, dan minum sebelum tidur. Madu ternyata bisa membantu Anda tidur dengan lebih rileks. Sayangnya, manfaat madu yang satu ini sering kali kurang diperhatikan.

- Membantu menyembuhkan luka dan goresan

Madu memiliki sifat antibakteri yang menakjubkan. Madu membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit karena luka. Untuk mengurangi rasa sakit, madu bisa dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami luka.

- Mengatasi bau mulut

Menyikat gigi setiap hari adalah suatu keharusan, namun jika mengalami masalah bau mulut atau bau nafas yang kronis, Anda bisa menambahkan taburan kayu manis dan satu sendok madu di atas roti panggang. Cara ini dapat memerangi bau mulut dalam waktu singkat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA