Ahad 20 Apr 2014 19:44 WIB

Hasil Coblos Ulang, PKS Unggul di Denpasar

Rep: Ahmad Baraas/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pencoblosan Ulang (ilustrasi)
Foto: Antara/Septianda Perdana
Pencoblosan Ulang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pencoblosan ulang di TPS 26 dan 27 Kampung Wanasari, Denpasar Utara berjalan aman dan lancar. Pemungutan suara ulang itu menyusul desakan agar KPU Denpasar melakukan pemilihan ulang, setelah ditemukannya ada pemilih yang mencoblos lebih dari sekali.

Coblos ulang di dua TPS ini, sempat dikunjungi Komisioner KPU Pusat, Haedar Gumai. Pemilihan ulang di dua TPS itu memperebutkan satu kursi yang tersisa, yang bila mengacu hasil pemungutan suara 9 April menjadi milik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memperoleh suara sisa terbanyak.

Dalam perolehan suara sisa itu PKS unggul dari PDI Perjuangan 82 suara. Sedangkan dalam pemungutan suara ulang di dua TPS itu perolehan suara PKS meningkat, sehingga selisih suara kedua partai menjadi 144.

Ketua DPW PKS Bali Mujiono mengatakan, dengan selisih suara sebesar itu, maka sudah dipastikan PKS berhak atas satu kursi yang tersisa di DPRD Kota Denpasar. "Kita harus mengawal perolehan suara ini sampai ke kecamatan dan kabupaten, dengan saksi-saksi dan bukti yang kita miliki," kata Mujiono, seusai penghitungan suara di dua TPS itu.

Dengan meningkatnya selisih suara PKS dari  PDI Perjuangan maupun partai-partai lainnya di Daerah Pemilihan Denpasar Utara, maka PKS semakin pasti mendapatkan tiga kursi di DPRD Kota Denpasar. Sementara sebelumnya, dalam Pleno KPU Denpasar yang berlangsung hingga Ahad sore, PKS dipastikan memperoleh dua kursi, masing-masing di Dapil Denpasar Selatan dan Dapil Denpasar Barat I.

Tiga kursi PKS di DPRD Depasar masing-masing atas nama Hilmun Nabi' (Denpasar Barat I), H Nuh Fatah (Denpasar Selatan) dan H Umar Dhany (Denpasar Utara).

Kemenangan PKS di dua TPS di Kampung Wanasari disambut dengan suka cita oleh para pendukung PKS, khususnya pendukung caleg Umar Dhany. Begitu Mujiono menjelaskan bawha PKS menang dengan selisih suara yang meningkat, sepontan para pendukung mengarak Umar Dhany yang sedang duduk di atas sebuah kursi tamu keliling kampung.

Adapun hasil perolehan suara hasil coblos ulang di TPS 26 Wanasari yakni dari daftar pemilih tetap 397 suara, PKS memperoleh 266 suara dan PDI Perjuangan 39 suara, selebihnya milik partai-partai lainnya. Sementara bila mengacu hasil pencoblosan 9 April lalu, PKS 218 suara dan PDI Perjuangan 60 suara. Di TPS 27 hasil coblos ulang PKS 66 suara, sedangkan PDI Perjuangan 25 suara, pencoblosan sebelumnya, PKS 72 suara dan PDI Perjuangan 33 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement