Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Run Foriver Sebarkan Semangat Kepedulian Terhadap Sungai Ciliwung

Jumat 18 Apr 2014 01:11 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Julkifli Marbun

Rumah bantaran sungai Ciliwung

Rumah bantaran sungai Ciliwung

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- By. Rusdy Nurdiansyah

Run Foriver Mapala UI Half Marathon merupakan sebuah gerakan untuk menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap sungai Ciliwung kepada masyarakat luas dengan cara berlari.

"Sungai Ciliwung merupakan sungai yang memiliki sejarah panjang perkembangan masyarakat Pulau Jawa, terutama karena melalui wilayah Ibukota DKI Jakarta. Meskipun demikian, kondisi Ciliwung saat ini memprihatinkan dan kompleks akan masalah, seperti sampah, erosi, sedimentasi, serta banjir tahunan di wilayah hilirnya," ujar Fariska Aryani, panitia Run Foriver Mapala UI Half Marathon, di Depok, Rabu (17/4).

Menurut Fariska, tahun lalu, kegiatan ini sukses diikuti oleh hampir 1000 oang dan berhasil melakukan penghijauan atau Restorasi Kawasan di sekitar Hulu Sungai Ciliwung, Cisarua. Hingga saat ini, bibit tanaman hasil dari kampanye Run Foriver tahun lalu masih dalam masa perawatan dan pengawasan.

Masih dengan semangat yang sama, tahun ini Mapala UI kembali menyelenggarakan Run Foriver Mapala UI Half Marathon. Dengan ikut kegiatan ini, setiap peserta berarti telah berkontribusi secara nyata untuk memperbaiki Ciliwung karena 10 persen dari biaya pendaftaran peserta akan disumbangkan untuk program Adopsi Sungai (River Adoption).

Program Adopsi Sungai dilakukan dengan membagi-bagi daerah bantaran sungai berdasarkan wilayah administrasi Rukun Warga (RW) untuk dapat di adopsi oleh pihak-pihak yang disebut sebagai Adopter (masyarakat sekitar, perusahaan/instansi, individu, komunitas ciliwung, akademisi) dengan menjalankan program-program yang sesuai dengan permasalahan di wilayah yang di adopsi selama tiga tahun.

"Program-program Adopsi Sungai yang sudah dilakukan pada tahun 2013 adalah penanaman 2.000 pohon, program K2N (Kuliah Kerja Nyata) Mapala UI selama satu bulan di daerah Cisarua, Jawa Barat, pembangunan empat tempat sampah pilah sementara, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat dan pemberian pendidikan lingkungan hidup kepada masyarakat, dan penerapan konsep adopsi sunga," tutur Fariska.

Kegiatan Run Foriver Mapala UI Half Marathon 2014, lanjutnya diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 3.000 orang peserta dari berbagai latar belakang usia. Run Foriver Mapala UI Half Marathon akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 15 Juni 2014, pukul 05.30 s.d 10.00 WIB, di Kampus Universitas Indonesia, Depok.

"Untuk mendukung suksesnya acara ini, selama kegiatan berlangsung Kampus Universitas Indonesia akan disterilisasi dari kendaraan bermotor. Kendaraan tidak diperbolehkan melintasi kampus sejak pukul 04.30 WIB," terangya

Diungkapkan Fariska, kegiatan ini terdiri dari tiga kategori umum yaitu open, close, dan student. Warga Negara Asing (WNA) hanya diperbolehkan untuk mengikuti kategori open pada semua jarak perlombaan. Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang berstatus atlet atau bukan dapat masuk baik di kategori open maupun close.

"Semakin banyak masyarakat yang bergabung dalam kegiatan Run Foriver Mapala UI Half Marathon semakin banyak yang bisa kita lakukan untuk Ciliwung," pungkas Fariska.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA