Kamis 17 Apr 2014 00:03 WIB

Mobil Jenis SUV Banyak Diminati

Ford EcoSport
Foto: Wikipedia
Ford EcoSport

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) saat ini banyak diminati masyarakat sehingga sejumlah merek mengeluarkan mobil jenis tersebut dengan maksud memberikan berbagai macam pilihan kepada konsumen.

"Untuk kendaraan jenis SUV ini Ford menampilkan kendaraan untuk segmen B yaitu Ford EcoSport yang mampu menampung lima orang dewasa dengan perlengkapannya,"ujar Direktur Komunikasi Ford Motor Indonesia Lea Indra di Semarang, Rabu.

Pihaknya optimistis perpaduan fleksibilitas dan konektivitas akan mampu menyesuaikan gaya hidup perkotaan bagi masyarakat Semarang.

Ford EcoSport akan diluncurkan dengan mesin empat silinder 1.5L Ti-VCT global yang menghasilkan tenaga 110 PS dan torsi hingga 142 Nm bersama dengan transmisi otomatis Ford Powershift enam percepatan yang hemat bahan bakar.

Lea mengatakan untuk menghilangkan stres dari berkendara, EcoSport juga hadir dengan serangkaian sistem pembantu pengendara salah satunya rear parking sensor yang mencegah mobil menabrak rintangan yang tidak terlihat saat berjalan mundur.

Sistem yang lain adalah 'hill launch assist' yang memastikan mobil dapat melaju dengan sempurna setelah berhenti di tanjakan maupun turunan, fitur tersebut dapat menahan kendaraan hingga tiga detik sementara pengendara memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Sementara itu Kepala Departemen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Budi Dermawan Daulay yang merupakan Agen Pemegang Merek Mitsubishi Motors mengatakan salah satu produk jenis SUV yaitu New Pajero Sport saat ini masih berkontribusi besar terhadap penjualan Mitsubishi Motors di Semarang.

Menurutnya hingga Februari 2014 market share Pajero Sport berada pada angka 36 persen sedangkan untuk jenis lain ada Outlander Sport yang juga SUV mampu berkontribusi 42 persen sedangkan untuk mirage yang merupakan city car 32 persen.

Budi mengatakan pada pameran tersebut New Pajero Sport yang ditampilakn ada dua varian yaitu New Pajero Sport Dakar 4x2 dan New Pajero Sport V6 Gasoline.

Khusus untuk varian Dakar, mesin DI-D 2.5L DOHC 16-valve Common Rail Turbocharged & Intercooled telah dilengkapi dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang berfungsi mengoptimalkan kinerja turbin untuk mencapai torsi tinggi pada kecepatan rendah.

"Selain itu juga mampu mengeluarkan kekuatan maksimal pada kecepatan tinggi, hasilnya New Pajero Sport Dakar mampu mengeluarkan tenaga 178 PS pada 4000 rpm," jelasnya.

Sementara untuk varian New Pajero Sport V6 Gasoline dibekali oleh mesin V6 3.0 L SOHC MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timming Electronic Control) yang berfungsi meminimalkan konsumsi bahan bakar pada putaran mesin rendah sekaligus meningkatkan aliran udara pada putaran mesin tinggi.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar di kelasnya yaitu 220 PS pada 6.250 rpm dan torsi maksimal 281 Nm pada 4000 rpm.

Emblem V6 MIVEC yang terdapat di sisi kendaraan serta emblem V6 3.0 di bagian belakang semakin mempertegas ketangguhan mesin yang digunakan oleh varian ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement