Rabu 16 Apr 2014 14:50 WIB

Pilihan Sepatu dan Dampaknya Bagi Kaki (2-Habis)

.
Foto: Reuters
.

REPUBLIKA.CO.ID, Sepatu, sepatu, sepatu! Rasanya, perempuan tidak pernah cukup punya sepatu.

Perempuan pun tercatat mengalami masalah kaki empat kali lebih sering dari pria. Kaki memang memerlukan perhatian yang tidak sekadarnya.

Dr suzanne Levine, seorang podiatris alias ahli penyakit kaki, mengatakan kaki merupakan fondasi tubuh. Ia lalu membagi informasi mengenai pilihan sepatu dan dampaknya ke kesehatan. Seperti dikutip dari Huffington Post.

Sepatu tanpa tali belakang

Sepatu yang populer dengan sebutan mules ini bisa terbuka di bagian jempol atau tertutup, berhak atau tanpa hak, tapi sepatu jens ini selalu tidak memiliki tali belakang. Levine namun mengatakan, sepatu model ini bukan untuk semua orang.

Berbagai dampak kesehatan bisa ditimbulkan sepatu ini. Sebab, kaki tidak memiliki penyangga untuk meletakkan tulang hak di kondisi yang seharusnya. Penggunanya pun dipaksa mencengkeram sepatu dengan jempolnya. Jadi, ia meminta berhati-hati kala memilih sepatu model ini bahkan yang bentuknya sangat cantik sekali pun.

Sendal

Sendal juga memiliki kekurangan, meski sangat nyaman saat dikenakan. Menurut Levine, sendal memang sebaiknya dibatasi saat keluar rumah seperti ke pantai atau kolam renang. Desainnya yang terbuka membuat kaki mudah terpapar hal-hal yang bisa melukai kaki.

Sepatu tanpa hak

Percaya atau tidak, sepatu tanpa hak tidak selalu baik bagi kaki. ''Sepatu yang ideal adalah sepatu dengan hak minimal yang bisa dikenakan dengan nyaman.'' ujar Levine. Dari model, sepatu balet hingga loafers, sepatu yang terbaik adalah yang menggabungkan dukungan bagi kaki sekaligus cantik saat dikenakan.

Levine menyarankan, sepatu dengan sol karet dengan bahan yang bisa bernapas. Apapun modelnya, ingat ini selalu pilih sepatu yang pas ukurannya di kaki.

 

Sneakers

''Kuncinya dengan sneakers adalah memastikan sepatu itu sesuai dengan olah raga yang dilakukan,'' kata Levine. Sepatu yang salah bisa mengakibatkan masalah dengan punggung, lutut, dan pinggul.

Jadi, pikirkan apakah sepatu yang dipilih memiliki bantalan yang cukup dan bawa kaos kaki sendiri sehingga bisa mengetes seperti apa sepatu ketika dikenakan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement