Senin 14 Apr 2014 20:35 WIB

Ini Inisiator Pertemuan Terutup Mega-Jokowi-Dubes AS

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Djibril Muhammad
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (tengah) didampingi Megawati dan Joko Widodo saat berkunjung ke kediaman Megawati di Menteng, Jakarta, Senin (14/4). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah pertemuan tertutup tengah berlangsung antara jajaran elite PDIP dengan para duta besar negara sahabat di kediaman konglomerat Jacob Soetojo di Jalan Sircon, Permata Hijau, Senayan, Jakarta Selatan malam ini, Senin (14/4).

Pantauan Republika elite PDIP yang hadir di antaranya Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri; calon presiden PDIP, Joko Widodo (Jokowi), dan senior PDIP, Sabam Sirait. Mereka tiba dikediaman Soetojo sekitar pukul 19.30 WIB.

Sejumlah duta besar yang hadir adalah duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blacke dan duta besar dari negara-negara sahabat kawasan Eropa.

Belum diketahui pasti apa topik pembicaraan yang dilakukan antara para elite PDIP, para duta besar, dan Jacob Soetojo. Penelusuran Republika, Jacob adalah Presiden Direktur PT. Gesit Sarana Perkasa.

PT. Gesit Sarana Perkasa bergerak di bidang perhotelan. Salah satu hotel yang dibangun PT. Gesit Sarana Perkasa adalah JS. Luwansa di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Di hotel berbintang empat ini Jacob menjadi salah satu pemegang saham terbesarnya.

Hubungan dekat antara PDIP dengan Jacob menjadi singkron apabila dikaitkan dengan sejumlah kegiatan yang pernah diselenggarakan DPP PDIP di Hotel JS Luwansa Kuningan, Jakarta Selatan.

Penelusuran Republika, DPP PDIP sedikitnya pernah dua kali mengadakan pertemuan di JS Luwansa. Pertemuan pertama digelar pada 16 Oktober 2013 dengan agenda Rapat Koordinasi Ketua Harian Badan Pemenangan Pemilu Pusat bersama Sekretaris dan Bendahara DPD PDI Perjuangan se-Indonesia.

Pertemuan kedua berlangsung 9 Desember 2013 dengan agenda rapat kerja Fraksi PDIP. Saat itu Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Ketua BP Pemilu PDIP, Puan Maharani hadir langsung. Apakah pertemuan malam ini juga menyangkut pembahasan pemenangan Jokowi di Pilpres 2014? Kita tunggu saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement