Senin 14 Apr 2014 16:26 WIB

10 Masalah Sepatu dan Cara Mengatasinya (2-Habis)

.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Pernahkah Anda mengalami masalah ini, ketika mencoba sepatu di toko rasanya nyaman. Tapi, setelah membelinya dan menggunakannya selama beberapa waktu masalah ketidaknyamanan timbul.

''Ukuran, bahkan di sepatu sangat mahal sekalipun tidak mengakomodasi panjang dan lebar kaki secara individual,'' kata Linda O'Keefe, pengarang buku 'Shoes: A Celebration of Pumps, Sandals, Slippers and More'.

Berikur beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki 10 hal masalah yang paling sering terjadi dengan sepatu Anda, seperti dikutip dari Womansday :

6. Kapalan

Kulit yang kapalan memang susah dihilangkan. Tapi, kapalan bisa dihindari dengan memilih sepatu yang ukurannya tepat. ''Hindari memaksakan kaki ke sepatu yang terlalu sempit atau kekecilan,'' kata Cleary. Satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari kapalan adalah menggunakan kaos kaki.

''Jika sudah telanjur kapalan, rutin rendam kaki, gosok dengan batu apung, dan gunakan losion untuk melembabkan kaki,'' ujar Cleary.

7. Hak yang membenam dalam rumput

Kadang saat menghadiri acara di luar ruangan, hak sepatu kerap tersangkut dalam rumput dan tanah. Bahkan bisa tersangkut pula dalam karpet yang tebal. Hak sepatu pun jadi sulit untuk digunakan berjalan.

Jika Anda masih tetap ingin mengenakan sepatu berhak kecil saat acara seperti itu, kenakan heel cap. Heel cap akan memberi tambahan ruang di bagian bawah hak. Hingga mengurangi kemungkinan tersangkut. Atau, pilih saja wedges yang jelas lebih nyaman digunakan di luar ruang.

8. Kulit sepatu yang lecet

Goresan, bahkan yang kecil ukurannya, bisa membuat sepatu tampak buruk. Sementara tidak ada satu pun cara untuk menghindari sepatu tergores, menyemir sepatu secara sering bisa menolong. Semakin banyak sepatu disemir, semakin sedikit kemungkinan goresan terbentuk.

Untuk hasil terbaik, sekali sebulan, bersihkan dulu sepatu sebelum disemir. Kemudian, gunakan semir yang dasarnya krim dan lap dengan kain lembut.

9. Hak yang goyah

Agar memastikan hak tidak putus dari sepatu, selalu bawa sepatu berjalan-jalan keliling toko saat hendak membelinya. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah hak sepatu mudah goyah atau tidak.

Yang jelas, jangan pernah goyang-goyangkan hak ke depan dan belakang. Gerakan ini hanya akan melemahkan kaitan hak dengan sepatu.

10. Sol yang mulai memudar

Biasanya sepatu yang cantik solnya lebih cepat rusak saat banyak dipakai jalan. Coba pelindung sol alias sole protectors, yang membantu sol berumur lebih panjang sekaligus anti selip. Cleary mengatakan, menambahkan sol karet ke bagian bawah sepatu bisa memperpanjang usia sepatu dan sol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement